Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri
terbimbing melalui pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN
4 Wanasaba tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen.
Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian yaitu posttest. Dalam desain ini
terdapat dua kelompok atau kelas yang diteliti, yaitu kelompok yang diberikan
perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak diberikan perlakuan
(kelompok kontrol). Pada rancangan ini pengaruh atau efek dari suatu perlakuan
dilihat berdasarkan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek
penelitian ini adalah kelas IV SDN 4 Wanasaba berjumlah 27 orang dan kelas IV
SDN 8 Wanasaba berjumlah 26 orang. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik
digunakan tes (pilihan ganda). Tes pilihan ganda berjumlah 28 butir soal. Dari hasil
pengujian tersebut didapatkan data berdistribusi normal dan data homogen.
Sedangkan uji hipotesis menggunakan rumus uji t.berdasarkan hasil posttest
didapatkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 69 sedangkan pada kelas
kontrol yaitu 63. Untuk hasil uji hipotesis diperoleh tà¦à§à²à³à¬à¥ வ tà²àŸà à£àª yakni 3,202
> 2,008. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diterima yaitu ada pengaruh metode
inkuiri terbimbing melalui pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar IPA kelas
IV SDN 4 Wanasaba tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: Metode pembelajaran, inkuiri terbimbing, pendekatan kontekstual, hasil
belajar