DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 4 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
EKA DARMAYANTI, HERMA
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-03-04 03:20:06 
Abstract :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri terbimbing melalui pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN 4 Wanasaba tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian yaitu posttest. Dalam desain ini terdapat dua kelompok atau kelas yang diteliti, yaitu kelompok yang diberikan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak diberikan perlakuan (kelompok kontrol). Pada rancangan ini pengaruh atau efek dari suatu perlakuan dilihat berdasarkan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN 4 Wanasaba berjumlah 27 orang dan kelas IV SDN 8 Wanasaba berjumlah 26 orang. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik digunakan tes (pilihan ganda). Tes pilihan ganda berjumlah 28 butir soal. Dari hasil pengujian tersebut didapatkan data berdistribusi normal dan data homogen. Sedangkan uji hipotesis menggunakan rumus uji t.berdasarkan hasil posttest didapatkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 69 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 63. Untuk hasil uji hipotesis diperoleh t୦୧୲୳୬୥ வ t୲ୟୠୣ୪ yakni 3,202 > 2,008. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diterima yaitu ada pengaruh metode inkuiri terbimbing melalui pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN 4 Wanasaba tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Metode pembelajaran, inkuiri terbimbing, pendekatan kontekstual, hasil belajar 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi