Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang
digunakan oleh guru dalam pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai sumber
belajar siswa, mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pengelolaan
perpustakaan sekolah, mengetahui kendala apa yang dialami guru dalam
pengelolaan perpustakaan serta apa upaya yang dilakukan oleh guru dalam
pengelolaan perpustakaan sekolah.Adapun jenis penelitian metode kualiatif. Guru
memberikan kontribusi dalam pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai sumber
belajar siswa di SDN Ambat Kecamatan Janapria, bisa dilihat dari strategi yang
digunakan guru dalam pengelolaan perpustakaan, yaitu (a) upaya dan strategi
dalam mengatur koleksi perpustakaan. (b) menyediakan sarana dan prasarana bagi
pengguna perpustakaan. (c) mengadakan pelayanan kunjungan dan peminjaman
buku perpustakaan. (d) mengupayakan anggaran untuk pengelolaan perpustakaan.
(e) melakuka perawatan terhadap koleksi perpustakaan. (f) adanya integrasi
perpustakaan dengan kurikulum sekolah. Faktor pendukung dan penghambat,
faktor pendukung : adanya sarana dan rasarana yang disediakan sekolah untuk
menunjang fungsi perpustakaan sebagai sumber belajar. Faktor penghambat: (a)
motifasisiswa. (b) fasilitas. Kendala yang dialami guru dalam pengelolaan
perpustakaan adalah : pengadaan bahan pustaka.
Kata kunci: Kontribusi Guru, Pengelolaan Perpustakaan.