Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VI Masbagik Utara Tahun Pelajaran
2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan True
Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI
di SDN 4 Masbagik Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini
ditentukan dengan teknik Random Sampling. Rancangan penelitian ini yang
digunakan adalah posttest only control design. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi dan tes dengan pilihan ganda berjumlah 25 soal, untuk
mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas
data menggunakan Chi Kuadrat, uji homogenitas menggunakan uji F dan uji
hipotesis menggunakanuji t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata
nilai yaitu 83,33 pada kelas posttest dan pretest rata-rata nilai yang didapatkan
yaitu 67,86. Hasil ini penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel (5,429 >
2,086) pada taraf signifikan 5% (Ho ditolakdan Ha diterima). Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dengan
menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VI SDN 04
Masbagik Utara tahun pelajaran 2019/2020
Kata Kunci: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Hasil Belajar , IPS.