DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL KUMON TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI NW NO.02 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
WAHYUNI, SRI
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-03-04 03:37:30 
Abstract :
Penelitian inibertujuanuntuk mengetahuipengaruh model kumon terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas IV MI NW No. 02 Wanasaba.Jenis penelitianiniadalah eksperimen dengan desain penelitianyaituquasi eksperiment post test only control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 42 orang. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas dan untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) data angket kelas eksperimen berdistribusi normal (χ2hitung = 2,597 dan χ2tabel = 11,1) , kelas kontrol berdistribusi normal (χ2hitung = 1,71 dan χ2tabel = 11,1). (2) Berdistribusi homogenitas dengan F hitung = -1,175 danF tabel = 2,12. (3) Uji hipotesis diperoleh hasil t-hitung 4,02 dan t-tabel 1,68. Artinya t-hitung > t-tabel maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan data hasil tes kelas eksperimen (1) berdistribusi normal (χ2hitung = 4,0203 dan χ2tabel = 11,1) , kelas kontrol berdistribusi normal (χ2hitung = 7,225 dan χ2tabel = 11,1). (2) Berdistribusi homogenitas dengan F hitung = 1,432 danF tabel = 2,12. (3) Uji hipotesis diperoleh hasil t-hitung 2,22 dan t-tabel 1,68. Artinya t-hitung > t-tabel maka, Ho ditolak dan Ha diterima.Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa model kumon mempunyai pengaruh terhadap motivasi dan prestai belajar siswa kelas IV MI NW No.02 Wanasaba 2018/2019. KataKunci: model kumon, motivasi, prestasi belajar. 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi