Abstract :
Penelitian inibertujuanuntuk mengetahuipengaruh model kumon
terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas IV MI NW No. 02
Wanasaba.Jenis penelitianiniadalah eksperimen dengan desain
penelitianyaituquasi eksperiment post test only control group design. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 42 orang. Teknik analisis
data menggunakan uji normalitas dan homogenitas dan untuk uji hipotesis
menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) data angket kelas
eksperimen berdistribusi normal (χ2hitung = 2,597 dan χ2tabel = 11,1) , kelas
kontrol berdistribusi normal (χ2hitung = 1,71 dan χ2tabel = 11,1). (2) Berdistribusi
homogenitas dengan F hitung = -1,175 danF tabel = 2,12. (3) Uji hipotesis diperoleh
hasil t-hitung 4,02 dan t-tabel 1,68. Artinya t-hitung > t-tabel maka, Ho ditolak dan Ha
diterima. Sedangkan data hasil tes kelas eksperimen (1) berdistribusi normal
(χ2hitung = 4,0203 dan χ2tabel = 11,1) , kelas kontrol berdistribusi normal (χ2hitung =
7,225 dan χ2tabel = 11,1). (2) Berdistribusi homogenitas dengan F hitung = 1,432
danF tabel = 2,12. (3) Uji hipotesis diperoleh hasil t-hitung 2,22 dan t-tabel 1,68.
Artinya t-hitung > t-tabel maka, Ho ditolak dan Ha diterima.Dengan demikan dapat
disimpulkan bahwa model kumon mempunyai pengaruh terhadap motivasi dan
prestai belajar siswa kelas IV MI NW No.02 Wanasaba 2018/2019.
KataKunci: model kumon, motivasi, prestasi belajar.