Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pada pembelajaran tematik
kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian pengembangan model Borg & Gall. Dari 10 tahapan yang ada,
yang digunakan hanya 6 tahap yaitu tahap penelitian dan pengumpulan data,
perencanaan, pengembangan produk awal, , revisi produk, uji coba lapangan, dan
revisi akhir produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Danger
sebanyak 23 orang siswa. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini
meliputi lembar validasi ahli, dan angket minat. Data yang diperoleh pada
penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan menggunakan skala lima untuk
analisis hasil validasi,angket, dan lembar observasi. Hasil validasi dari ke dua ahli
yaitu ahli materi dan ahli tampilan menunjukkan kualifikasi dari kedua-duanya
yaitu baik dengan jumlah nilai untuk ahli materi adalah 60 dengan rata-rata 4,61
sedangkan nilai dari ahli tampilan berjumlah 36 dengan rata-rata 3,6. Data lain
sebagai pendukung hasil validasi ini dapat dilihat dari respon siswa yang
memberikan jawaban baik dengan nilai rata-rata 100% untuk uji coba skala kecil
dan untuk uji coba skala besar nilai rata-rata 87% serta hasil observasi aktivitas
siswa skala kecil dengan jumlah nilai 65 sedangkan untuk skala besar jumlah
nilai 70 dalam belajar menggunakan buku saku tematik berbasis pendekatan
active learning adalah baik. Ini berarti bahwa pengembangan buku saku
pembelajaran tematik berbasis pendekatan active learning sangat efektif
digunakan dalam mengajarkan tema 1 subtema 1 indahnya kebersamaan.
Kata Kunci: Buku saku, pendekatan active learning, tematik.