Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
mengembangkan buku saku literasi mitigasi gempa bumi untuk siswa sekolah
dasar di SDN 4 Masbagik Selatan tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini
adalah jenis penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan
Thiagarajan, Semmel & Semmel yang terdiri dari 4 tahapan yaitu pendefinisian,
perencanaan, pengmbangan, dan penyebaran. Hasil pengembangan dapat
dikatakan “layak†untuk digunakan apabila telah memenuhi kriteria tingkat
kelayakan dari hasil validasi dan uji coba lapangan yang berada pada kategori
minimal “cukup setujuâ€. Adapun hasil skor validasi dari ahli media yaitu 61 yang
berada pada kategori “ setuju†dan hasil skor validasi dari ahli materi adalah 53
yang berada pada kategori “setujuâ€. Sedangkan untuk mengetahui ketertarikan
siswa terhadap buku saku hasil pengembangan dilakukan uji coba lapangan
dengan subjek uji coba yaitu siswa kelas IV/A SDN 4 Masbagik Selatan yang
berjumlah 19 orang. Hasil skor dari uji coba lapangan yang dilakukan adalah 900
yang berada pada kategori “sangat setujuâ€. Sehingga berdasarkan dari ketentuan
tingkat kelayakan buku hasil pengembangan dapat dikatakan “layak†untuk
digunakan sebagai buku pegangan siswa untuk dapat siap siaga menghadapi
bencana gempa bumi.
Kata Kunci: Buku Saku, Literasi, Mitigasi Gempa Bumi.