Abstract :
ABSTRAK
Lena Mailani (2017). Implementasi Metode Sakamoto Math Terhadap
Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita
Matematika Kelas V SDN 01 Aikmel Utara Tahun Pelajran
2017/2018. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), UNIVERSITAS
HAMZANWADI. Pembimbing 1 Dr. Aswasulasikin, M.Pd.
Pembimbing II Rifa’atul Mahmudah, M.Pd.
Kata Kunci: sakamoto math. soal cerita matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Implementasi
Metode Sakamoto Math Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal
Cerita Matematika Kelas V SDN 01 Aikmel Utara Tahun Pelajaran 2017/2018.
Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Desain
penelitiannya menggunakan Pre-Experimental Designs (Nondesign), One-Group
Pre-Test-Post-Test Designs. Subjek penelitian berjumlah 20 orang siswa dengan 9
orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes uraian yang terdiri dari 5 soal. Sedangkan teknik analisis data
yang digunakan adalah uji prasyarat berupa uji normalitas dan linearitas yang
bertujuan untuk mengetahui normal atau tidaknya data dan linear atau tidaknya
suatu data. Selain itu teknik yang digunakan yaitu uji hipotesis dengan
menggunakan analisis statistik regresi linear sederhana. Hasil analisis data
menunjukkan nilai rata-rata sebelum diberikan perlakuan (pre-test) adalah 45,4.
Setelah diberikan perlakuan (post-test) nilai rata-ratanya adalah 82,4, sedangkan
koefisien determinasi R2 sebesar 42,0% artinya bahwa metode pembelajaran
sakamoto math berpengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita matematika. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh metode pembelajaran sakamoto math berpengaruh signifikan terhadap
kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas V SDN 01
Aikmel Utara Tahun Pelajaran 2017/2018.