Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan membaca
siswa kelas V MI NW No. 4 Pancor tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan jumlah populasi 22 siswa. Pengambilan sampel
menggunakan simple random sampling dan didapatkan 1 sampel yakni kelas V.
dengan jumlah 22 siswa sebagai pertes-postes. Rancangan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah desain eksperimen dengan jenis one the group pertes-postes .
Instrumen yang digunakan adalah angket keterampilan membaca . Data yang
dikumpulkan dari hasil pertes-posttest yang kemudian dianalisis dengan meggunakan
uji normalitas, uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh
thitung 19,61 dengan harga ttabel yaitu 2,018 sehingga dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan teks cerita rakyat berpengaruh terhadap tingkat
keterampilan membaca siswa kelas V MI NW No. 4 Pancor tahun pelajaran
2019/2020.
Kata kunci: Tingkat Keterampilan Membaca