Abstract :
ABSTRAK
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat
keterampilan membaca dan menulis melalui strategi reseptif pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia kelas V SDN I Lenek Daya tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini bertempat di SDN I Lenek Daya. Penelitian ini menggunakan satu
kelas yang jumlah siswanya 30 orang. Jenis penelitian yang digunakan pada
penelitian ini adalah menggunakan penelitian eksperimen. Adapun desain
penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental dengan bentuk design pre�test post-test control group. preetest dilakukan sebelum pembelajaran dimulai,
sedangankan posttest dilakukan sesudah melakukan pembelajaran. Adapun
instrumen yang digunakan untuk pengumpulkan data dalam penelitian ini
menggunakan tes uraian untuk mengukur keterampilan membaca dan menulis.
Berdasarkan hasil penelitian, peroleh dari membaca preetest dan posttest nilai
rata-rata 67 dan 74. Sedangkan untuk menulis preetest dan posttest nilai rata-rata
67 dan 75,8. Dari hasil ini terlihat bahwa adanya perbedaan signifikan antara
preetest yang tidak diberikan perlakuan dengan posttest yang diberikan perlakuan
menggunakan strategi reseptif. Maka dapat dismpulkan bahawa strategi reseptif
bisa meningkatkan keterampilan membaca dan menuis siswa pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia berada pada kategori tinggi.
Kata Kunci: Strategi Reseptif, Keterampilan Membaca dan Menulis.