Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Course Review
Horay tehadap hasil belajar matematika siswa kelas IV MI NW Sukamulia tahun
pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jumlah
populasi 25 siswa adapun pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Rancangan yang digunakan adalah pre eksperimental design dengan jenis One- Group Pretest Postest design. Instrumen yang digunakan adalah soal bentuk essay
sebanyak 10 soal. Data yang didapatkan dari hasil uji coba kemudian ditentukan
validitas dengan hasil 10 soal yang diuji cobakan valid karna thitung > ttabel, kemudian ditentukan reliabilitas dengan hasil thitung > ttabel yaitu 0,912>0,404
sehingga dapat dikatakan reliabel, setelah itu ditentukan tingkat kesukaran soal
dengan hasil 6 soal dikategorikan sedang dan 4 soal dikategorikan sukar, dan
untuk daya beda soal dikategorikan sangat baik berdasarkan kriteria daya beda
dengan hasil hitung 0,63. Sedangkan data yang dikumpulkan dari hasil pretest dan
posttest kemudian dianalisis dengan meggunakan uji normalitas dengan hasil
pretest berdistribusi normal dengan hasil thitung < ttabel yaitu 6,26 < 11,070 dan
untuk hasil post-test juga berdistribusi normal dengan hasil 6,26 < 11,070 karena
thitung < ttabel dan untuk uji linieritas menunjukkan data linier karena fhitung < ftabel
dengan hasil 1,88 < 2,66 dan pegujian hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan
analisis data diperoleh thitung 4,79 dengan harga ttabel yaitu 1,714 sehingga dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode Course Review Horay
berpengaruh tehadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV MI NW Sukamulia
tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: Metode Course Review Horay, Hasil Belajar.