Abstract :
ABSTRAK
NURHIKMI NPM. 12380100 (2017). Evektifitas Peranan Pondok Pesantren
Dalam Membentuk Perilaku Siswa Studi Kasus di Pondok Pesantren
Raudlatul Thalibin NW Surabaya. Skripsi S-1 Selong. Program Studi
Pendidikan Sosiologi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.
Universitas Hamzanwadi Selong.
Pondok pesantren adalah suatu wadah atau tempat pemondokan santri
menuntut ilmu agama dan diamalkan pada kehidupan sehari-hari.Pondok pesantren
Raudlatut Thalibin NW Surabaya merupakan salah satu pondok pesantren yang
bersifat khalafi,yakni tidak hanya mempelajari ilmu agama saja namun juga
mempelajari ilmu-ilmu umum seperti sekolah lainnya.Pondok pesantren Raudlatut
Thaalibin NW Surabaya memiliki berbagai program didalam membentuk perilaku
siswa.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Evektifitas Peranan Pondok
Pesantren Dalam Membentuk Perilaku Siswa Studi Kasus di Pondok Pesantren
Raudlatul Thalibin NW Surabaya
Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus,dengan pendekatan
penelitian kualitatif dan tekhnikk pengumpulan data yang digunakan diantaranya
wawancara,observasi,dan dokumentasi.Analisis pengumpulan data pada penelitian ini
adalah analisis domain,analisis taksonomi dan analisis Kompensial. Hasil penelian ini menunjukkan bahwa Evektifitas Peranan Pondok
Pesantren Raudlatut Thalibin NW Surabaya tidak efektif Dalam Membentuk
Perilaku siswa ,hal ini bisa dilihat dari berbagai aspek diantaranya aspek sosial,para
santri masih belum menjunjung nilai kesopanan dimasyarakat seperti etika berbahasa
dan bertingkah laku,dari aspek keagamaan masih ditemukan siswa belum
membudayakan salam ketika bertemu dengan usataz-ustaz ataupun teman-temannya
dan tidak aktif ikut serta mengikuti pengajian umum yang diprogramkan oleh Pondok
Pesantren Raudlatut Thalibin NW Surabaya.
Kata kunci : Efektivitas Peranan Pondok Pesantren, Perilaku Siswa