Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media booklet untuk
meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Model
pengembangan yang digunakan adalah Borg and Gall yang terdiri dari enam
tahapan. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh tim ahli. Subjek skala kecil
berjumlah 7 anak dan skala besar berjumlah 24 anak. Instrumen yang digunakan
untuk mengumpulkan data adalah observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli media memperoleh skor 41 dengan
nilai rata-rata 4,1 dengan kategori baik, hasil validasi ahli materi memperoleh skor
31 dengan nilai rata-rata 3,1 dengan kategori cukup. Hasil observasi pada skala
kecil diperoleh nilai persentase keberhasilan secara klasikal pretest yaitu 61,6%
(BB) dan postest diperoleh 73,3% (BSH), sedangkan hasil observasi skala besar
pretest yaitu 58,8% (BB) dan postest yaitu 69,3% (BSH). Hasil tes belajar pada
skala kecil diperoleh nilai persentase keberhasilan secara klasikal pretest 58,5%
(BB) dan postest yaitu 74,9% (BSH), sedangkan hasil tes belajar pada skala besar
pretest 50% (BB) dan postest yaitu 83% (BSH). Hasil uji normalitas pada skala
besar pretest -59,94>35.172, sedangkan hasil uji normalitas pada skala besar
postest -30.42 ≤35.172 dengan data yang diperoleh berdistribusi normal. Hasil uji
normalitas pada tes hasil belajar pada skala besar pretest -20.51≤35.172
sedangkan hasil uji normalitas pada tes hasil belajar pada skala besar postest -
10.591 ≤35.172 dengan data diperoleh berdistribusi normal.Hasil perhitungan
skala besar menggunakan uji-t diperoleh nilai yaitu -20,291 dan
2.021 maka < (-20,291 <2.021).
Kata Kunci: media, booklet, membaca permulaan anak usia 5-6 tahun