Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi
pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 terhadap minat belajar anak. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dalam metode
eksperimen ada perlakuan (treatment). Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh anak kelompok B yaitu B1, B2 dan B3 ( usia 5-6 Tahun) TK Sa’adatul
Islamiyah Tembeng Putik dan ditetapkan sampel yaitu anak-anak kelompok B1.
Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan
dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh thitung > ttabel
(8,684 > 1,771) , pada taraf signifikasi 5% sehingga dapat disimpulkan H0
ditolak dan Ha diterima. Dari hasil pengajuan hipotesis efektivitas pembelajaran
berdasarkan kurikulum 2013 untuk meningkatkan minat belajar anak TK
Sa’adatul Islamiyah Tembeng Putik.
Kata kunci: Implementasi, Kurikulum 2013