Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tayangan film kartun
terhadap perilaku meniru anak sekolah dasar di Desa Suradadi. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif yang berjenis deskriptif kualitatif dalam bentuk
studi lapangan. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara
purposive dan snowball. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini adalah tringulasi (Gabungan) berupa wawancara, observasi dan
dokumentasi. Adapun hasil penelitian memperlihatkan bahwa tayangan film
kartun sangat mempengaruhi perilaku keseharian anak-anak di Desa Suradadi.
Adapun bentuk pengaruh tayangan film kartun terhadap perilaku anak di Desa
Suradadi adalah banyaknya anak-anak di Desa Suradadi berperilaku agresif pada
teman maupun saudaranya pada saat berada di sekolah maupun di rumah, gaya
bahasa yang digunakan anak-anak pada saat berinteraksi, emosi yang tidak teratur
yang membuat anak mudah berkelahi, malas belajar sampai melupakan tugas
sekolahnya, tidak fokus melihat keadaan atau merasakan kejadian yang ada
disekitar, dan sering membantah perkataan orang tuanya pada saat sedang
menonton tayangan film kartun. Selain itu untuk mengatasi pengaruh tayangan
film kartun perlu adanya pendampingan orang tuasaatanak-anak menonton.
Kata Kunci: Tayangan Film Kartun, Perilaku Meniru dan Anak Sekolah Dasar