Abstract :
Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas
Pengaruh bimbingan Kelompok terhadap kemampuan berkomunikasi Pada Siswa Kelas X MA NW
Senyiur Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Hamzanwadi 2019/2020. Pembimbing I Drs. I Dewa
Putu Partha, M. Pd. Pembimbing II Drs. Jamali, SH, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap kemampuan
berkomunikasi pada siswa kelas x MA NW Senyiur tahun pelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian eksperimen pre-eksperimental dengan
menggunakan one group pre-test post test design. Subjek penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas X.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemampuan berkomunikasi dan dianalisis dengan
menggunakan data kuantitatif berupa angka-angka yang diolah menggunakan statistik sederhana dan
data kualitataif dideskripsikan dan diolah menggunakan analisis naratif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa data kondisi awal siswa sebelum mendapatkan
treatment berupa bimbingan kelompok masuk dalam kategori tinggi dalam kurang mampu
berkomunikasi dengan skor (50,6). Dan kondisi siswa setelah mengikuti treatment berupa
bimbingan kelompok masuk dalam kategori rendah dengan skor (69,9). Terdapat pengaruh
bimbingankelompok untuk mengurangi kurang mampu berkomunikasi. Hal ini sesuai dengan
tujuan bimbingan kelompok yaitu pengembangan pribadi, pembahasan dan pemecahan
masalah pribadi yang dialami oleh masing-masing anggota kelompok, agar terhindar dari
masalah dan masalah terselesaikan dengan cepat melalui bantuan anggota kelompok yang
lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap
kemampuan berkomunikasi tahun pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: bimbingan kelompok meningkatkan kemampuan berkomunikasi