Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar tematik
berbasis gambar komik berseri pada semester ganjil untuk kelas V tahun 2019 dan
bagaimana hasil pengembangan dari perancangan bahan ajar tematik berbasis
gambar komik berseri yang telah didesain. Penelitian dan pengembangan yang
digunakan mengacu pada model pengembangan 4 dimensi. Prosedur
pengembangan yang digunakan dibatasin sampai tiga tahapan yaitu pendefinisian,
perancangan, dan pengembangan. Jumlah siswa yang dijadikan subyek coba pada
penelitian ini adalah 20 orang yang diambil dari kelas V SDN 1 Ketangga tahun
pelajaran 2019-2020. Analisis data yang diolah pada penelitian ini bersumber dari
lembar validasi produk yang dikembangkan, hasil angket dan lembar observasi.
Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar
tematik berbasis gambar komik berseri yang digunakan dalam mengajarkan tema
3 subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan. Dari hasil analisis data
menunjukkan bahwa bahan ajar yang dirancang berkategori valid dengan kualitas
bahan ajar baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi dari ahli materi dengan
skor rata-rata 4,1 dan ahli tampilan dengan skor rata-rata 3,8. Data lain sebagai
pendukung hasil validasi ini dapat dilihat dari hasil respon siswa yang jumlah skor
aktual 483 dengan rata-rata 60,38 dan berada pada interval 51< X ≤ 63 (setuju)
untuk uji coba skala kecil dan 1.300 dengan rata-rata 65 dan berada pada interval
X>63 (sangat setuju) untuk uji coba skala besar serta hasil observasi aktivitas
siswa dalam belajar menggunakan bahan ajar tematik berbasis gambar komik
berseri adalah baik dengan nilai rata-rata 4 . Ini berarti bahwa pengembangan
bahan ajar tematik berbasis gambar komik berseri sangat efektif digunakan dalam
mengajarkan tema 3 subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan.
Kata kunci: Pengembangan bahan ajar, Tematik, Gambar komik berseri