Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kosa kata mahasiswa melalui
teknik komunikatif dalam pengajaran berbicara tentang program studi pendidikan
bahasa indonesia di Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini dikategorikan sebagai
penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester
dua dari pendidikan bahasa indonesia di universitas Hamzanwadi. Populasi
penelitian ini adalah 23 mahasiswa dalam satu kelas. Sampel penelitian ini adalah
23 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data
adalah tes dan tes lisan untuk mengukur kosa kata mahasiswa tentang kegiatan
sehari-hari. Data yang dikumpulkan dikirimkan dengan menggunakan SPSS 22.
Skor rata-rata pretes adalah 10,68 dan skor rata-rata postes adalah 12,53 yang
menunjukkan kecendrungan skor rata-rata dalam meningkatkankosa kata
mahasiswa lebih tinggi setelah melakukan treatment daripada sebelum melakukan
treatment. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti ini menemukan bahwa teknik
komunikatif efektif untuk meningkatkan kosa kata mahasiswa dalam mengajar
speaking di program studi bahasa indonesia di Universitas hamzanwadi.
Kata kunci: Teknik komunikasi, kosa kata mahasiswa, mengajar speaking