Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mencari ke efektifan dari prosedur materi prioritas
dalam mengajar berbicara (Arah) di area yang telah ditentukan (Desa Padamara).
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sempel dari penelitian ini adalah orang
yang masih belajar di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas di daerah
yang telah di tentukan, yang terdiri dari 8 orang. Penelitian ini merupakan penelitian preeksperimental. Pada pengumpulan data, tes awal dan tes akhir diberikan kepada orang
yang ada di daerah yang telah di tentukan. Untuk menganalisis data, peneliti
menggunakan SPSS 16 for windows. Setelah mengolah data menggunakan paired sample
t-test, peneliti menerapkan siknifikan rata rata nilai tes awal dan tes akhir dimana t=(df=7
= 9.00 at p˃0,05, berarti alternatif statistik sudah dterima. Prosedur Materi Prioritas ini
sudah terbukti signifikan dalam pengajaran berbicara (Arah) kepada orang yang ada di
daerah yang telah ditentukan. Berdasarkan proses dan hasil dari penelitian ini, peneliti
menyarankan kepada tutor Bahasa Inggris untuk menggunakan Prosedur Materi ini dalam
pengajaran berbicara.
Key words: Prosedur Materi Prioritas, Pengajaran Berbicara, Arah, Orang yang
berada didaerah yang