DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN KOMUNIKATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I LEMBOR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
SALI, FARID PUTRA
Subject
Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 
Datestamp
2021-08-24 03:55:46 
Abstract :
Farid Putra Sali, 15450007 “Pengaruh Pendekatan Komunikatif Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Lembor”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekata komunikaif terhadap kemampuan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri I Lembor. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu True Eksperimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana kelas eksperimen diberi perlakuan dengan pendekatan komunikatif, sedangkan kontrol tidak diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri I Lembor. Sampel penelitiannya 50 orang siswa yang tersebar pada 2 kelas yaitu kelas F sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas G sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes lisan dalam bentuk wawancara takstruktur. Data dianalis menggunakan uji t dengan rumus polled varians. Hasil hipotesis menunjukan bahwa t > t yaitu 6,2047 > 2,787 yang berarti H ditolak H diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan komunikatif terhadap kemampuan bericara bahasa Indonesi pada siswa VIII SMP Negeri I Lembor. Kata kunci: Pendekatan komunikatif, Kemampuan berbicara bahasa Indonesia. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi