Abstract :
Farid Putra Sali, 15450007 “Pengaruh Pendekatan Komunikatif Terhadap
Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP
Negeri I Lemborâ€.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekata komunikaif
terhadap kemampuan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri I
Lembor. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah eksperimen. Adapun
desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu True Eksperimental
Design dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Dalam penelitian ini
menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana kelas
eksperimen diberi perlakuan dengan pendekatan komunikatif, sedangkan kontrol
tidak diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII
SMP Negeri I Lembor. Sampel penelitiannya 50 orang siswa yang tersebar pada 2
kelas yaitu kelas F sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas
G sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik yang
digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes lisan dalam bentuk wawancara
takstruktur. Data dianalis menggunakan uji t dengan rumus polled varians. Hasil
hipotesis menunjukan bahwa t > t yaitu 6,2047 > 2,787 yang berarti H
ditolak H diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan
komunikatif terhadap kemampuan bericara bahasa Indonesi pada siswa VIII SMP
Negeri I Lembor.
Kata kunci: Pendekatan komunikatif, Kemampuan berbicara bahasa Indonesia.