Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa latar edukatif pilhan ragam
bahasa sasak orang tua pada anak dan menjelaskan faktor-faktor yang
menenentukan terjadinya pilihan ragam bahasa sasak orang tua pada anak dalam
ranah keluarga di desa Ketangga Kecamatan Suela. Penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode simak, teknik rekam, dan teknik catat. Data dalam penelitian ini
berupa tuturan orang tua pada anak dalam ranah keluarga di desa Ketangga
Kecamatan Suela. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat
hubungan antara tingkat pendidikan dengan penggunaan bahasa orang tua pada
anak di Desa Ketangga Kecamatan Suela. Pemilihan ragam bahasa sasak halus
(tinggi) cenderung dilakukan oleh orang tua dengan latar pendidikan yang baik,
seperti lulusan S1. Orang tua dengan latar pendidikan menengah seperti SMP dan
SMA menggunakan pilihan ragam bahasa sasak halus (sedang). Sedangkan orang
tua dengan latarpendidikan rendah seperti lulusan SD cenderung menggunakan
pemililihan ragam bahasa kasar/rendah. Faktor-faktor yang menyebabkan
terjadinya pilihan ragam bahasa sasak orang tua pada anak di Desa Ketangga
Kecamatan Suela meliputi: 1) faktor status sosial pendidikan orang tua, dan 2)
faktor waktu/situasi berbahasa.
Kata Kunci: Latar edukatif, Pilihan Ragam bahasa Sasak orang tua, Anak dalam
ranah keluarga