Abstract :
Eka Septiana, 2020. “Konseling behavioral untuk menurunkan perilaku bullying pada
seorang pelaku dikelas VIIIB di SMPN 2 Sakra Barat tahun pelajaran 2020/2021â€
Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
Universitas Hamzanwadi 2020/2021. Pembimbing I : Dra. Hj. Marfuatun, M.Pd dan
Pembimbing II : Fitri Aulia M.Pd.I
Kata kunci : Konseling behavioral, perilaku bullying
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konseling behavioral untuk menurunkan
perilaku bullying pada seorang pelaku dikelas VIIIB di SMPN 2 Sakra Barat. Tujuan
layanan yaitu untuk mengetahui apakah konseling behavioral bisa menurunkan perilaku
tindakan bullying. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMPN 2 Sakra barat.
Metode pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi dan dokumentasi, dan
dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1)
terdapat tiga bentuk bullying yang terjadi yaitu bentuk bullying fisik, bullying verbal dan
bullying mental/psikologis dan terdapat dua faktor yang mempengaruhi timbulnya
bullying yaitu faktor internal dan faktor eksternal, yang didasari ingin menguasai teman,
pengaruh tayangan televisi , kurangnya perhatian orang tua, iseng, senioritas.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa profil pelaku bullying pada diri KH dalam
aspek bullying fisik nilai rata-rata mencapai 60%, kemudian pada aspek bullying verbal
nilai rata-rata 46%, kemudian pada aspek bullying mental/psikologis mencapai 47%
sehingga pemahaman tentang bullying memiliki nilai terendah 46%. Dari hasil analisis
menunjukan nilai rata-ratafase baseline dengan skor terendah 46% dan skor tertinggi
60%,dan rata-rata MI ideal (mean) 66. Sedangkan nilai rata-rata fase intervensidengan
skor terendah 30% dan skor tertinggi 52% dengan mean rata-rata 50. Dilihat dari skor
yang diperoleh pada fase interfensi jauh lebih menurun jika dibandingkan dengan skor
pada fase basaline.Ini artinya pemberian konseling behavioral bisa dan berhasil
digunakan untuk menurunkan pelaku bullying.