Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok
terhadap peningkatan kemampuan manajemen waktu pada siswa kelas XI MA
NW Senyiur tahun pelajaran 2010/2021. Jenis penelitian ini adalah eksperimen
dengan desain penelitian eksperimen pre-eksperimental dengan menggunakan one
group pre-test post test design. Subjek penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas
XI. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemampuan manajemen
waktu dan dianalisis dengan menggunakan data kuantitatif berupa angka-angka
yang diolah menggunakan statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa data kondisi awal siswa sebelum mendapatkan treatment berupa bimbingan
kelompok masuk dalam kategori rendah dengan skor (46,5). Dan kondisi siswa
setelah mengikuti treatment berupa bimbingan kelompok masuk dalam kategori
tinggi dengan skor (63,7). Terdapat pengaruh bimbingan kelompok untuk
meningkatkan kemampuan manajemen waktu pada siswa dengan hasil t-hitung
18,06 ˃ t-tabel 1,812 yang artinya signifikan. Hal ini sesuai dengan tujuan
bimbingan kelompok yaitu pengembangan pribadi, pembahasan dan pemecahan
masalah pribadi yang dialami oleh masing-masing anggota kelompok, agar
terhindar dari masalah dan masalah terselesaikan dengan cepat melalui bantuan
anggota kelompok yang lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh
bimbingan kelompok terhadap kemampuan manajemen waktu siswa kelas XI MA
NW Senyiur tahun pelajaran 2020/2021.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Meningkatkan Kemampuan Manajemen
Waktu