Abstract :
Mardiana Muslimatun, 2020. “Pengaruh konseling keluarga untuk meningkatkan kepercayaan diri
siswa broken home yang tinggal bersama neneknya di MTS NW Senyiur tahun pelajaran
2019/2020†Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
Universitas Hamzanwadi 2019/2020. Pembimbing I : Dr. Ridwan, M.Pd. dan Pembimbing II :
M.Deni Siregar, MPd.
Kata kunci : konseling keluarga, percaya diri, broken home
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling keluarga untuk meningkatkaan
pecaya diri siswa broken home yang tinggal bersama neneknya di MTS NW Senyiur tahun pelajaran
2019/2020. Penelitian ini menggunakan satu orang siswa yang memiliki tingkat percaya diri yang
rendah yang diambil sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
desain penelitian subjek tunggal dengan prosedur desain A-B. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini mengunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis menggunakan
rumus eksperimen subjek tunggal dengan menghitung banyak skor yang didapatkan pada fase baseline
dan menghitung banyak sekor yang didapatkan pada fase intervensi kemudian dipadukan antara kedua
fase tersebut untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (konseling
keluarga). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase baseline mendapatkan sekor rata-rata 72 dan
pada fase intervensi mendapatkan sekor rata-rata 81,3. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya
pengaruh pemberian layanan konseling Keluarga untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa broken
home yang tinggal bersama neneknya