DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIOR UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MENYAMPAIKAN PENDAPAT DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI KELAS X IPS 1 SMAN 2 SELONG TAHUN AJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
AYUDIAWATI, REINNY SRI
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-11-17 02:01:02 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan konseling behavior untuk mengurangi kecemasan menyampaikan pendapat dalam proses belajar mengajar di kelas X IPS 1 SMAN 2 Selong Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah beberapa siswa dari kelas X IPS 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini ditentukan dengan cara nonprobabylity sampling, teknik yang tidak memberi peluang atau kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Desain penelitian yang digunakan adalah pre- experimental. teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket kecemasan dan observasi langsung. Data analisis data menggunakan statistic deskriptif yang meliputi penentuan skor rata-rata atau mean (M) dan standar deviasi (SD). Untuk keperluan menyusun tabel konveksi terlebih dahulu di cari mean ideal (Mi) dan standar deviasi ideal (SDi). Hasil hipotesis menunjukkan bahwa skor rata-rata sebelum di berikan treatmen adalah (66, 6) dan skor rata-rata setelah di berikan treatmen adalah (37, 5) yang berarti Ha efektif dan Ho tidak efektif, dapat disimpulkan bahwa konseling behavior efektif untuk mengurangi kecemasan menyampakan pendapat dalam proses belajar sisw akelas X IPS 1 SMAN 2 Selong. Kata Kunci: Pendekatan konseling behavior, kecemasan dalam menyampaikan pendapat dalam proses belajarmengajar 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi