DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN ICEBREAKING BERBASIS KEARIFAN BUDAYA LOKAL SASAK DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DI KELAS XII SMAN 1 MASBAGIK TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
SARAH, SITI
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-11-17 02:26:42 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media layanan bimbingan dan konseling berupa buku panduan icebreaking berbasis kearifan budaya lokal yang praktis dan efektif digunakan pada saat melaksanakanlayanan untuk siswa kelas XII , dengan jumlah 10 orang siswa. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahResearch and Development (R&D) dengan mengacupada model pengembangan Sugiyono dengan enam tahapan, meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain media, validasi media,hasil uji coba pemakaian, dan revisi media. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa produkbuku panduan icebreaking berbasis kearifan budaya lokal, layak digunakan dalam layanan bimbingan dan konseling. Berdasarkan hasil validasi ahli mediadiketahui bahwa produk buku panduan icebreaking berbasis kearifan budaya lokal dikategorikan “layak” dengan perolehan skor 37 dan skor rata-rata 3,7 sedangkan ahli materi mendapat kategori “sangat layak” dengan perolehan skor 43 dan skor rata-rata 4,3. Berdasarkan hasil respon siswa terhadap buku panduan icebreaking berbasis kearifan budaya lokal sangat tinggi yaitu dengan rata-rata persentase komponen 80% yang merespon sangat layak. Sehingga kesimpulannya menunjukkan bahwa media buku panduan icebreaking berbasis kearifan budaya lokal layak untukditerapkan. Kata Kunci: Pengembangan, buku panduan ,icebreaking ,kearifan budaya lokal dan Layanan. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi