Abstract :
HAIRUL ROZIKIN Metode Pembelajaran Akuatik Terhadap Perkembangan
Motorik Halus Anak Di R.A Al-Isryad Nw Kuang Derek,Rumbuk Tahun
2019/2020
Pendidikan anak usia dini merupakan masa dini bagi anak merupakan masa
emas yang hanya datang sekali seumur hidup dan tidak dapat di ulang.
Pekembangan anak yang terjadi sejak usia 0-4 tahun sama besarnya dengan
perkembangan yang terjadi pada usia 4-8 tahun. Berenang adalah olahraga yang
melibatkan semua otot di seluruh bagian tubuh Olahraga air ini juga melancarkan
organ-organ vital seperti jantung dan paru-paru hingga terlatih sesuai dengan
kinerjanya. Karena berenang membuat otot dada dan paru-paru mengembang dan
membuat kapasitas semakin besar. Sehingga mendukung kemapuan fisik atau
motorik anak menjadi baik. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan
model pembelajaran renang bagi siswa prasekolah.Instrumen yang digunakan
dalam penelitian model ini adalah kuisioner dan Penilaian berupa unjuk kerja
permianan akuatik renang bagi siswa prasekolah yang digunakan untuk
mengumpulkan data terhadap perkembangan motorik halus siswa pada siswa R.A
AL-IRSYAD NW Kuang Derek, Rumbuk tahun 2019/2020.Berdasarkan hasil
yang di dapat pada metode pembelajaran akuatik untuk Lembar pengamatan
setelah di Klasifikasikan di data Persentase kan hasil nya baik yang arti nya
digunakan pembelajaran yang menggunakan metode akuatik untuk meningkatkan
gerak motorik peserta didik di TK B. R.A al-irsyad dengan nilai skor akhir
Kelompok A 72,6 % dan Kelompok B 89,2 dan Kelompok C 59,5. untuk hasil tes
unjuk kerja yang dilakukan dengan mengunakan permainan siapa yang tercepat
dialah yang menang di bagi menjadi 3 Kelompok juga A,B dan C.
Kata Kunci: kemampuan motorik dan Aktivitas akuatik.