Abstract :
M. KAMALUDDIN
Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi
Penelitian ini berjudul ―Peran Guru PJOK dalam Membentuk kepercayan
diri siswa kelas V MI NW Dasan Lekong Tahun Pelajaran 2020/2021‖. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan jasmani dalam membentuk
rasa percaya diri siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitan deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan guru
pendidikan jasmani yang berada di kelas V MI NW Dasan Lekong yang berjumlah
30 orang terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik wawancara. Maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah
guru PJOK dan siswa kelas V yang berada di MI NW Dasan Lekong yang
berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar wawancara. Dari
hasil penelitian dapat disimpulkan adanya peran guru Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan dalam membentuk rasa percaya diri siswa dengan
berdasarkan hasil wawan cara peneliti dengan siswa dan guru PJOK yang dominan
di lakukan saat proses pembelajaran PJOK dalam mendukung tercapainya
kepercyaan diri siswa. Guru sebagai motivator artinya Guru sebagai Pengarah dan
pembimbing berperan sebagai pembimbing dan Guru sebagai evaluator.Disarankan
bagi calon guru pendidikan jasmani yang mana menjadi seorang guru tersebut
memang harus betul-betul menjalankan tugas sebagai guru profesional yang aktif
dan kreatif dalam membina siswa-siswi supaya menjadi generasi bangsa yang
mempunyai karakter yang baik yang bermanfaat bagi bangsa dan Negara.
Kata Kunci: Peran guru, Kepercayaan diri siswa