DETAIL DOCUMENT
MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAMANKANAK-KANAK ISLAM TERPADU AROFAH 3 BADE KLEGO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week6
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Nafiah, Nafiah
Dr. Moh., Bisri, M.Pd
Subject
370 Education 
Datestamp
2017-10-20 08:19:38 
Abstract :
MANAJEMEN PEMELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AROFAH 3 BADE, KLEGO, BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 NAFIAH ABSTRAK Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Arofah 3 Bade, Klego, Boyolali merupakan lembaga pendidikan formal di bawah naungan dikdas dikpora yang menyelenggarakan pendidikan anak usia dini (PAUD). Tujuan penelitian adalah 1) untuk mengetahui manajemen pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Arofah 3 Bade, Klego, Boyolali, 2) untuk mengetahui hambatan yang ada dalam pelaksaaan manajemen pembelajaran, 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen pembelajaran; 4) untuk mengetahui solusi yang dilakukan oleh lembaga pendidikan TKIT Arofah 3 Bade, Klego, Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di TKIT Arofah 3 Bade, Klego, Boyolali, Jawa Tengah tahun 2016/2017. Subyek penelitian adalah Guru.Informan penelitian adalah Kepala Sekolah dan Wali murid. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah 1) observasi, 2) wawancara dan 3) analisis dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Manajemen Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadi Arofah 3 Bade, Klego, Boyolali secara umum sudah memenuhi standar pelayanan minimal yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional 2) ada kendala dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran antara lain : a) tidak semua pendidik berlatar belakang pendidikan guru; b) tidak semua pendidik faham pentang pembuatan perangkat pembelajaran.c) tidak semua pendidik menguasai IT. 3) Faktor pendukung : a) pelaksanaan pembelajaran menggunakan sistem fullday, b) guru masih muda sehingga mudah diajak untuk maju; faktor penghambat : a) tidak semua guru berlatar belakang pendidikan guru, b) ada sebagian guru yang belum menguasai IT; c) ada sebagian guru yang belum faham tentang pembuatan perangkat pembelajaran secara mandiri.4) Upaya-upaya yang dilakukan kepala sekolah dengan: a) mengikutkan guru-guru dalam KKG, workshop-workshop, ataupun pelatihan-pelatihan. b) mengadakan studi banding ke sekolah yang lebih baik di sekitarnya Kata kunci : Manajemen Pembelajaran, Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu   EDUCATION MANAGEMENT OF INTEGRATED ISLAMIC KINDERGARTEN (TKIT) AROFAH 3 BADE KLEGO BOYOLALI IN 2016/2017 NAFIAH ABSTRACT Integrated Islamic Kindergarten Arofah 3 Bade Klego Boyolali is a formal school underDikdas Dikpora conducting pre-school (PAUD). The purposes of this are to find out 1) Education management of Integrated Islamic Kindergarten Arofah 3 Bade Klego Boyolali, 2) inhibiting factors in implementing the management, 3) solutions for inhibiting factors faced in implementing education management of Integrated Islamic Kindergarten Arofah 3. This research applied qualitative approach. This research was conducted at TKIT Arofah 3 Bade in 2016/2017. Subjects of this research were 1) Principal, 2) teachers. Informants were 1) Foundation board and 2) School Committee. Method of collecting data used 1) observation, 2) interview, and 3) document analysis. Technique of data validity used triangulation of source and method. Technique of data analysis applied interactive model analysis including data collection, data reduction, data display and conclusion. The results of this research indicate that: 1) Education management of Integrated Islamic Kindergarten Arofah 3 Bade Klego Boyolali generally has been based on minimum service standard set by National Accreditation Agency (BAN). 2) Problems in implementing the management are: 1) not all Human Resources have educational background, 2) in taking the policy, the Principal is not firm enough, 3) no librarian and security. The Principal as a manager at TKIT conduct the following efforts: 1) to build discipline for all staffs and teachers, so his policies can be done seriously, 2) to ask the teachers to join workshops. Supporting Factors are 1) Full day system is applied in learning implementation, 2) Young teachers, so they can easily communicate for the development; inhibiting factors are 1) lack discipline among teachers in conducting the program, 2) no librarian and security. Keywords: Education Management, Integrated Islamic Kindergarten   الإدارةالتعلمبروضة الأطفال الإسلام التكامل "عرفة" 3 بادي كليغا بويولالي 2016-2017 نافعة الملخص روضة الأطفال الإسلام التكامل "عرفة" 3 بادي كليغا بويولالي هي إحدى المؤسسة التربية التي قد رعتها وكالة الترببية للمتدئين ووكالة الشبان Ùˆ الرياضة وفيها تطبق التعليم للاطفال. الغرض من  

File :
FULL TEXT.pdf
Institution Info

IAIN Surakarta