DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TENTANG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week5
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Novy, Eko Permono
Dr., Retno Wahyuningsih, M.Pd
Subject
370 Education 
Datestamp
2017-11-02 04:50:11 
Abstract :
ABSTRAK Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Wonogiri Tahun Pelajaran 2016/2017 Novy Eko Permono Terdapat permasalahan rendahnya keterampilan membaca pada perserta didik. Rendahnya keterampilan tersebut membuktikan bahwa proses pendidikan belum mengembangkan kompetensi dan minat peserta didik terhadap pengetahuan. Praktik pendidikan yang dilaksanakan di sekolah selama ini juga memperlihatkan bahwa sekolah belum berfungsi sebagai organisasi pembelajaran yang menjadikan semua warganya sebagai pembelajar sepanjang hayat. Untuk mengembangkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). GLS adalah upaya menyeluruh yang melibatkan semua warga sekolah (guru, peserta didik, orang tua/wali murid) dan masyarakat, sebagai bagian dari ekosistem pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan yang diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMK Negeri 2 Wonogiri tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian di SMK Negeri 2 Wonogiri. Penelitian dilakukan dari bulan Jaunuari sampai Mei 2017. Subyek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, sedangkan informannya adalah guru PAI dan wakil kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi. Teknik analisisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMK Negeri 2 Wonogiri Tahun Pelajaran 2016/2017 menginternalisasikan konsep pembelajaran sepanjang hayat yang terdiri dari tiga tahap yaitu (1) Pembiasaan, meliputi kegiatan menumbuhkan minat baca kepada peserta didik, (2) Pengembangan, meliputi kegiatan memajang karya peserta didik di seluruh area sekolah, termasuk koridor, kantor kepala sekolah dan guru. (3) Pembelajaran, meliputi kegiatan membaca mandiri, yaitu membaca buku atau sumber lain nonpelajaran. Hambatannya adalah minimnya koleksi buku di perpustakaan sekolah sehingga minat baca rendah dan sarana prasaran perpustakaan yang masih minim. Solusi yang ditawarkan adalah membuat perpustakaan kelas dan taman baca. Kata Kunci: Kebijakan Kepala Sekolah, Pembelajaran PAI, Budi Pekerti, GLS Implementation of Principal Policy in Learning Islamic Education Subject (PAI) and Character of School Literacy Movement-Based (GLS) at SMK Negeri 2 Wonogiri in Academic Year 2016/2017 Novy Eko Permono ABSTRACT Recently, there is an issue about low reading skill among learners. That low skill proves that education process has not developed learners’ competency and interests towards knowledge. Education implemented in some schools also shows that schools have not functioned as learning organizations that makes all citizens as lifelong learners. To develop the school as a learning organization, the Ministry of Education and Culture developed the School Literacy Movement (GLS). GLS is a comprehensive effort involving all the citizens of the school (teachers, learners, parents / guardians) and the community, as part of the educational ecosystem. This study aims at describing the implementation of policies implemented in learning PAI and Character of School Literacy Movement-Based (GLS) at SMK Negeri 2 Wonogiri in Academic Year 2016/2017. This research was a descriptive qualitative research describing natural research object in the form of words. This research was conducted at SMK Negeri 2 Wonogiri from January to May 2017. Methods of data collection used interview, observation, and documentation. Method of data validity used triangulation technique. Technique of analyzing data used covering data reduction, data presentation and conclusion. The results of the research analysis indicate that Implementation of Principal Policy in Learning PAI and Character School Literacy Movement-Based (GLS) at SMK Negeri 2 Wonogiri in Academic Year 2016/2017 internalizes the concept of lifelong learning consisting of three stages namely (1) Habituation, covering activities to grow reading interest among learners, starting with the activities of 15 minutes to read non-textbooks as well as to create a class library, school reading park, and the addition of books collection in library. (2) Development, covering activities displaying the work of learners throughout the school area, corridors, principal’s and teacher’s offices. (3) Learning, covering self-reading activities, i.e. reading books and other non-learning resources, holding literacy festivals to encourage literacy campaigns, to appreciate reading culture among students, to  
Institution Info

IAIN Surakarta