DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KUALITAS SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN MANTINGAN TAHUN 2016
Total View This Week7
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Siti, Fatimah
Dr. H., Purwanto, M.Pd
Subject
370 Education 
Datestamp
2017-11-02 04:53:06 
Abstract :
HUBUNGAN KUALITAS SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA GURU DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN MANTINGAN TAHUN 2016 Siti Fatimah Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara: 1) kualitas supervisi akademi oleh kepala madrasah dan 2) motivasi kerja guru dengan 3) kompentensi pedagogik guru madrasah ibtidaiyah di Kecamatan Mantingan tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode korelasi. Populasi penelitian adalah guru madrasah ibtidaiyah di Kecamatan Mantingan yang berjumlah 55. Sehubungan dengan populasi kurang dari 100, maka peneliti mengambil seluruh populasi yang berjumlah 55 guru madrasah ibtidiayah di Kecamatan Mantingan untuk dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) untuk memperoleh data variabel kualitas supervisi akademi oleh kepala madrasah, motivasi kerja guru dan kompentensi pedagogik guru. Metode analisa data yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Variabel kualitas supervisi akademi oleh kepala madrasah (X1) berhubungan dengan kompentensi pedagogik guru (Y), dengan nilai signifikansi 0,505 dengan p value 0,000 > 0,05. 2) Variabel motivasi kerja guru (X2) berhubungan dengan kompentensi pedagogik guru (Y), dengan nilai signifikansi 0,624 dengan p value 0,000 > 0,05. 3) Variabel kualitas supervisi akademi oleh kepala madrasah (X1) dan motivasi kerja guru (X2) secara bersama-sama berhubungan dengan kompentensi pedagogik guru (Y), dengan nilai signifikansi 0,665dengan p value 0,000 > 0,05. Adapun kontribusi atau sumbangan secara simultan variabel kualitas supervisi akademik oleh kepala madrasah dan motivasi kerja guru terhadap kompetensi pedagogik guru adalah 44,2% (0,442) sedangkan 55,8% ditentukan oleh variabel lain yangtidak diteliti dalam penelitian ini, antara lain: pengetahuan, kemajuan teknologi, latar belakang (keluarga, tingkat sosial, pengalaman), imbalan, lingkungan kerja, dan lain-lain. Kata kunci: Kualitas Supervisi Akademi oleh Kepala Madrasah, Motivasi Kerja Guru dan Kompentensi Pedagogik Guru THE CORRELATION OF THE PRINCIPALS’ ACADEMIC SUPERVISION QUALITY AND WORKING MOTIVATION WITH THE PEDAGOGIC COMPETENCE OF ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS IN MANTINGAN DISTRIC YEAR 2016 Siti Fatimah Abstract This research aims to find out the correlation of: 1) The principals’ academic supervision quality and 2) teacher’s working motivation with 3) teacher’s pedagogic competence of Islamic elementary school in Mantingan district year 2016. The approach applied in this research is the correlation method. The research population is Islamic elementary school teachers in Mantingan district including 55 people. Due to the number of population is less than 100 quantities, the researcher takes the whole 55 teachers of Islamic elementary school in Mantingan district to be the research samples. The data populating technic is questionnaire to gain variable data of the principals’ academic supervision quality, working motivation, and teachers’ pedagogic competence. Meanwhile, the data analysis uses product moment correlation. Based on research finding, it concludes; 1) the variable of the principals’ academic supervision quantity (X1) correlates to teachers’ pedagogic competence (Y), with significant score 0,505 based on p value 0,000 > 0,05; 2) the variable of teachers’ working motivation (X2) correlates to teachers’ pedagogic competence (Y), with significant score 0,624 based on p value 0,000 > 0,05; 3) the variable of the principals’ academic supervision quality (X1) and teachers’ working motivation (X2) respectively correlates to teachers’ pedagogic competence (Y), with significant score 0,665 based on p value 0,000 > 0,05. By simultaneous contribution, the variable of academic quality and working motivation determine 44,2% (0,442) of pedagogic competence. Whereas, the rest (55,8%) is defined by other variables that are not observed in this research namely knowledge, technological advancement, personal background (family, social status, experience), rewards, working environment, etc. Keywords: principals’ academic supervision quality, teacher’s working motivation, teachers’ pedagogic competence. الارتباط بين الإشراف الاكاديمي من مدير المدرسة والدافعالوظيفيبالكفاءة التعليمية لمدرسي المدارس الابتدائية في حي مانتينجان عام 2016 ستيفاطمة ملخص يستهدف هذا البحثإلى معرفةالعلاقةبين: 1) نوعيةالإشرافالأكاديميمنقبلمديرالمدرسةو2) الدافع الوظيفيبـ3) الكفاءة التعليمية لمدرسي المدارس الابتدائية في حي مانتينجان عام 2016. المنهج المستخدم Ù„ 
Institution Info

IAIN Surakarta