DETAIL DOCUMENT
NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK TELAAH (QS.YUSUF AYAT 8-18 DAN QS.AL-HUJURAT AYAT 11)
Total View This Week4
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Ainun, Miftakhul Jannah
Dr., Ja’far Assagaf, M.A.
Subject
2x0 Islam Umum 
Datestamp
2017-12-22 03:47:29 
Abstract :
ABSTRAK Ainun Miftakhul Jannah, 2017, Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Telaah (Qs.Yusuf Ayat 8-18 dan Qs.Al-Hujurat Ayat 11). Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dr. Ja’far Assagaf, M.A. Kata Kunci : Nilai, Pendidikan, Akhlak, Qs.Yusuf ayat 8-18, Qs.Al-Hujurat ayat 11 Banyaknya nilai pendidikan akhlak yang sudah tidak diperhatikan kembali dan merosotnya pendidikan akhlak para remaja jaman ini sangatlah mengakhawatirkan. Pembahasan tentang pendidikan akhlak dikalangan remaja ini sangatlah berpengaruh terhadap kehidupan, apalagi dalam lingkup formal maupun non-formal dan termasuk dalam lingkup keluarga. Pada surat Yusuf ayat 8-18 dan surat Al-Hujurat ayat 11 ini mengkisahkan untuk para remaja agar lebih memahami pendidikan akhlak mahmudah terhadap sesama manusia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research) menggunakan pendekatan deksriptif, data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan data primer dan sekunder. Data primer berupa Alquran dan tafsirnya, Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Ibnu Katsir yang spesifik membahas surat Yusuf ayat 8-18 dan surat Al-Hujurat ayat 11. Dengan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik dokumentasi dengan analisis data menggunakan analisis metode tahlili. Kemudian ditarik kesimpulan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak telaah (Qs.Yusuf ayat 8-18 dan Qs.Al-Hujurat ayat 11) yaitu memiliki nilai pendidikan akhlak, adapun ruang lingkup akhlak meliputi akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap Rosulullah, akhlak terhadap diri sendiri, keluarga, lingkungan dan masyarakat. Dalam ruang lingkup itu maka pendidikan akhlak terbagi menjadi dua macam yaitu akhlak mahmudah dan madzmumah. Dan akhlak mahmudah itu pun termasuk Kasih sayang, Takut dengan Allah, Sabar, Perdamaian, dan Cinta. Untuk akhlak madzmumah yaitu Su’udzon, Iri dan dengki, dan Takabur. Dari hasil penelitian itu maka bisa disimpulkan dengan bahwasanya antara saudara ataupun masyarakat agar terciptanya kedamaian maka saling menghormati dan tidak saling merendahkan satu sama lain, karena timbunya perpecahan antar saudara ataupun masyarakat ini disebabkan karena saling merendahkan atau mengolok-olok satu sama lain. ABSTRACT Ainun Miftakhul Jannah, 2017, Educational Values of Morals (Qs.Yusuf Verses 8-18 and Qs.Al-Hujurat Verse 11). Thesis: Islamic Religious Studies, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Surakarta. Advisor: Dr. Ja'far Assagaf, M.A. Key Words: Values, Education, Morals, Qs.Yusuf verses 8-18, Qs.Al-Hujurat paragraph 11 The number of moral education values that have been unnoticed again and the decline of moral education of today's teenagers is very alarming. Discussion about moral education among adolescents is very influential on life, especially in the formal and non-formal and included in the family. In the letter of Joseph verses 8- 18 and the letter of Al-Hujurat verse 11 is telling for the teenagers to better understand the moral education of mankind to fellow human beings. This research includes the type of library research (library research) using descriptive approach, the data in this study obtained using primary and secondary data. Primary data in the form of the Qur'an and its interpretation, Tafsir Al- Misbah and Tafsir Ibn Kathir specifically discusses the letter of Yusuf verses 8-18 and the letter of Al-Hujurat verse 11. With data collection techniques that is using documentation techniques with data analysis using tahlili method analysis. Then drawn the conclusions descriptively. The results showed that the values of moral education in the study (Qs.Yusuf verses 8-18 and Qs.Al-Hujurat paragraph 11) that has the value of moral education, while the moral scope includes morals towards God, morals against the Prophet, , Family, environment and society. In the scope of the moral education is divided into two kinds of morals and mahmudah madzmumah. And morality is also easy including affection, Fear with God, Forbearance, Peace, and Love. For madzmumah morality is Su'udzon, Envy and spite, and Takabur. From the results of that study it can be concluded with that between brothers or the community for the creation of peace then mutual respect and not mutual disdain each other, because the timbunya split between brothers or the community is due to mutual disdain or make fun of each other. 
Institution Info

IAIN Surakarta