Abstract :
ABSTRAK
Ainun Miftakhul Jannah, 2017, Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Telaah (Qs.Yusuf
Ayat 8-18 dan Qs.Al-Hujurat Ayat 11). Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta.
Pembimbing : Dr. Ja’far Assagaf, M.A.
Kata Kunci : Nilai, Pendidikan, Akhlak, Qs.Yusuf ayat 8-18, Qs.Al-Hujurat ayat
11
Banyaknya nilai pendidikan akhlak yang sudah tidak diperhatikan kembali dan
merosotnya pendidikan akhlak para remaja jaman ini sangatlah
mengakhawatirkan. Pembahasan tentang pendidikan akhlak dikalangan remaja ini
sangatlah berpengaruh terhadap kehidupan, apalagi dalam lingkup formal maupun
non-formal dan termasuk dalam lingkup keluarga. Pada surat Yusuf ayat 8-18 dan
surat Al-Hujurat ayat 11 ini mengkisahkan untuk para remaja agar lebih
memahami pendidikan akhlak mahmudah terhadap sesama manusia.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research)
menggunakan pendekatan deksriptif, data dalam penelitian ini diperoleh
menggunakan data primer dan sekunder. Data primer berupa Alquran dan
tafsirnya, Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Ibnu Katsir yang spesifik membahas surat
Yusuf ayat 8-18 dan surat Al-Hujurat ayat 11. Dengan teknik pengumpulan data
yaitu menggunakan teknik dokumentasi dengan analisis data menggunakan
analisis metode tahlili. Kemudian ditarik kesimpulan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak telaah
(Qs.Yusuf ayat 8-18 dan Qs.Al-Hujurat ayat 11) yaitu memiliki nilai pendidikan
akhlak, adapun ruang lingkup akhlak meliputi akhlak terhadap Allah, akhlak
terhadap Rosulullah, akhlak terhadap diri sendiri, keluarga, lingkungan dan
masyarakat. Dalam ruang lingkup itu maka pendidikan akhlak terbagi menjadi dua
macam yaitu akhlak mahmudah dan madzmumah. Dan akhlak mahmudah itu pun
termasuk Kasih sayang, Takut dengan Allah, Sabar, Perdamaian, dan Cinta. Untuk
akhlak madzmumah yaitu Su’udzon, Iri dan dengki, dan Takabur. Dari hasil
penelitian itu maka bisa disimpulkan dengan bahwasanya antara saudara ataupun
masyarakat agar terciptanya kedamaian maka saling menghormati dan tidak saling
merendahkan satu sama lain, karena timbunya perpecahan antar saudara ataupun
masyarakat ini disebabkan karena saling merendahkan atau mengolok-olok satu
sama lain.
ABSTRACT
Ainun Miftakhul Jannah, 2017, Educational Values of Morals (Qs.Yusuf Verses
8-18 and Qs.Al-Hujurat Verse 11). Thesis: Islamic Religious Studies, Faculty of
Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Surakarta.
Advisor: Dr. Ja'far Assagaf, M.A.
Key Words: Values, Education, Morals, Qs.Yusuf verses 8-18, Qs.Al-Hujurat
paragraph 11
The number of moral education values that have been unnoticed again and the
decline of moral education of today's teenagers is very alarming. Discussion about
moral education among adolescents is very influential on life, especially in the
formal and non-formal and included in the family. In the letter of Joseph verses 8-
18 and the letter of Al-Hujurat verse 11 is telling for the teenagers to better
understand the moral education of mankind to fellow human beings.
This research includes the type of library research (library research) using
descriptive approach, the data in this study obtained using primary and secondary
data. Primary data in the form of the Qur'an and its interpretation, Tafsir Al-
Misbah and Tafsir Ibn Kathir specifically discusses the letter of Yusuf verses 8-18
and the letter of Al-Hujurat verse 11. With data collection techniques that is using
documentation techniques with data analysis using tahlili method analysis. Then
drawn the conclusions descriptively.
The results showed that the values of moral education in the study (Qs.Yusuf
verses 8-18 and Qs.Al-Hujurat paragraph 11) that has the value of moral
education, while the moral scope includes morals towards God, morals against the
Prophet, , Family, environment and society. In the scope of the moral education is
divided into two kinds of morals and mahmudah madzmumah. And morality is
also easy including affection, Fear with God, Forbearance, Peace, and Love. For
madzmumah morality is Su'udzon, Envy and spite, and Takabur. From the results
of that study it can be concluded with that between brothers or the community for
the creation of peace then mutual respect and not mutual disdain each other,
because the timbunya split between brothers or the community is due to mutual
disdain or make fun of each other.