DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN TINGKAT KESADARAN REMAJA AKHIR DALAM MELAKSANAKAN SHALAT JUM’AT DI DESA DENGGUNGAN, BANYUDONO, BOYOLALI TAHUN 2017
Total View This Week7
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Arifatul, Isti Kholiyah
Ari, Wibowo,S,Si, M.Pd, M.Si
Subject
2x0 Islam Umum 
Datestamp
2017-12-27 05:36:22 
Abstract :
ABSTRAK Arifatul Isti Kholiyah. 2017. (133111216). Hubungan Pemahaman Pendidikan Agama Islam Dengan Tingkat Kesadaran Remaja Akhir Dalam Melasanakan Shalat Jum’at di Desa Denggungan Banyudono Boyolali. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakata. Pembimbing: Ari Wibowo, M. Si., M. Pd Kata Kunci: Pemahaman Pendidikan Agama Islam, Tingkat Kesadaran Remaja Akhir Dalam Melaksanakan Shalat Jum’at. Masalah dalam penelitian ini adalah masih terdapat remaja akhir yang sudah mempunyai pendidikan minimal SMA dan sering mengadakan pengajian, tetapi masih tidak melaksanakan shalat Jum’at. Tujuan penelitian yaitu (1) untuk mengetahui pemahaman pendidikan agama Islam remaja akhir di Desa Denggungan Banyudono Boyolali. (2) untuk mengetahui tingkat kesadaran remaja akhir dalam melaksanakan shalat Jum’at di Desa Denggungan Banyudono Boyolali. (3) untuk mengetahui hubungan positif pemahaman pendidikan agama Islam dengan tingkat kesadaran remaja akhir dalam melaksanakan shalat Jum’at di Desa Denggungan Banyudono Boyolali. (4) untuk mengetahui model pendugaan variabe Y yaitu tingkat kesadaran remaja akhir dalam melaksanakan shalat Jum’at berdasarkan variabel X yaitu pemahaman pendidikan agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan secara bertahap, mulai bulan April sampai Agustus 2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasi. Populasi sebanyak 124 laki-laki remaja akhir dan sampel sebanyak 58 laki-laki remaja akhir. Teknik sampling menggunakan cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul sebelum dianalisis dilakukan analisis unit, uji prasyarat, normalitas, Uji linieritas, Selanjutnya data diuji dengan product moment dan dilakukan uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemahaman pendidikan agama Islam di Desa Denggungan Banyudono Boyolali berada dalam kategori sedang dengan jumlah 42 laki-laki remaja akhir atau 70%.(2)Tingkat kesadaran remaja akhir dalammelaksanakan shalat Jum’at di Desa Denggungan Banyudono Boyolali dalam kategori sedang dengan jumlah 38 laki-laki remaja akhiratau 66%. (3) Terdapat hubungan positif antara pemahaman pendidikan agama Islam dengan tingkat kesadaran remaja akhir dalam melaksanakan shalat Jum’at di Desa Denggungan Banyudono Boyolali. (4) Model regresi linier sederhana Ì‚ = a + bX → tingkat kesadaran remaja akhir dalam melaksankaan shalat Jum’at = 61,915 + 2,359 pemahaman pendidikan agama Islam, konstanta (a) adalah 61,915, sedangkan nilai pemahaman pendidikan agama Islam adalah 2,359.Koefisien regresi X sebesar 2,359 menyatakan bahwa setiap penambahan skor pemahaman pendidikan agama Islam sebesar satu satuan maka akan diikuti dengan nilai Y yang akan meningkat sebesar 2,359, sedangkan koefisien determinasi adalah sebesar 0,564, Maka pemahaman pendidikan agama Islam berpengaruh terhadap tingkat kesadaran remaja akhir dalam melaksanakan shalat Jum’at sebesar 56,4%. 
Institution Info

IAIN Surakarta