DETAIL DOCUMENT
KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS V MIN TINAWAS NOGOSARI BOYOLALI TAHUN 2017
Total View This Week10
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Desi, Ernawati
Drs. H., Suparmin, M.Pd
Subject
2x0 Islam Umum 
Datestamp
2018-01-03 02:29:06 
Abstract :
ABSTRAK Desi Ernawati (133111012) Kompetensi Profesional Guru Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas V MIN Tinawas Nogosari Boyolali Tahun 2017. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. H. Suparmin, M. Pd. Kata Kunci : Kompetensi Profesional, Guru Aqidah Akhlak, Mutu pembelajaran Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih terdapat guru yang belum memiliki kompetensi professional yang ideal dan belum menguasai ragam metode dan strategi pembelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran mapel Aqidah Akhlak siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesional guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan mutu pembelajaran mapel Aqidah Akhlak siswa kelas V MIN Tinawas Nogosari Boyolali Tahun 2017 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Dilakukan di MI Negeri Tinawas Nogosari Boyolali tahun ajaran 2016/2017, mulai April sampai dengan bulan Agustus 2017.Subjek penelitian ini adalah guru Aqidah Akhlak kelas V MI Negeri Tinawas Nogosari Boyolali, sedangkan informannya adalah kepala sekolah, guru-guru lain serta siswa kelas V MI Negeri Tinawas Nogosari Boyolali.Metode pengolahan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memeriksa keabsahan datanya menggunakan trianggulasi metode dan sumber. Teknik analisisnya menggunakan model analisis data interaktif, tahap yang ditempuh adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa profesionalisme guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan mutu pembelajaran akhlak siswa kelas V MI Negeri Tinawas Nogosari Boyolali tahun 2017 adalah Guru Aqidah Akhlak kelas V telah menyiapkan RPP sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran, namun dalam menerapkannya dikegiatan pembelajaran guru belum mampu menerapkannya sesuai dengan RPP yang telah dibuat, itu dikarenakan guru membuat RPP untuk satu semester kedepan.Guru menciptakan suasana kelas yang kondusif ketika kegiatan belajar mengajar.Guru menggunakan metode pembelajaran ketika kegiatan belajar mengajar, namun belum bervariasi hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Padahal guru bisa menggunakan metode yang lain yang bisa diterapkan ketika kegiatan pembelajaran.Guru hanya menggunakan alat/media pembelajaran yang sederhana, belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Itu dikarenakan adanya kendala dari sekolah yang hanya memiliki media pembelajaran yang minim.Guru mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh sekolah, yaitu Program KKG. Dalam pelatihan tersebut guru diberikan ilmu seperti pelatihan dalam membuat RPP, keterampilan mengajar, dan penggunaan alat/media pembelajaran yang diadakan satu bulan sekali. 

File :
ful tex.pdf
Institution Info

IAIN Surakarta