DETAIL DOCUMENT
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS III SDN GENENG 01 KECAMATAN GATAK KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2016/2017
Total View This Week5
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Desi, Nur Hardiwati
Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag
Subject
2x0 Islam Umum 
Datestamp
2018-01-03 02:29:12 
Abstract :
ABSTRAK DESI NUR HARDIWATI, 1333111441. “Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Problem Solving Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Geneng 01 Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017”. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, IAIN Surakarta Pembimbing : Ibu Hj. Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag Kata kunci : Prestasi Belajar, Problem Solving Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran oleh guru Pendidikan Agama Islam yang masih bersifat konvensional sehingga peserta didik tidak tertarik untuk memperhatikan materi pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Problem Solving Pada Siswa Kelas III SDNegeri Geneng 01 Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang dilakukan pada peserta didik kelas III SD Negeri Geneng 01 Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal Maret 2017 – 14 juni 2017. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Geneng 01 dengan jumlah 21 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengambilan data dilakukan menggunakan empat cara yaitu teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes dan teknik dokumentasi. Indikator kinerja dalam pelaksanaan penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Geneng 01 mendapat nilai PAI diatas KKM sebanyak 80%. Prosedur Tindakan yang dilakukan dalam Penelitian ini meliputi kegiatan siklus I dan siklus II yang di dalamnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskritif untuk menggambarkan keadaan siswa selama mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode Problem Solving. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Solving dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri 01 Geneng kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Hal ini ditinjukkan pada kondisi awal siswa yang mendapat nilai sama atau di atas KKM 75 yang tuntas ada 7 siswa (33,33%) dan yang belum tuntas 14 siswa (66,67%), siklus I yang mencapai ketuntasan belajar 12 siswa (57,14%) dan siswa yang belum tuntas 9 siswa (42,86%), sedangkan pada siklus II yang mencapai ketuntasan belajar adalah sebanyak 21 siswa (100%), pada siklus II ini semua siswa mampu mencapai nilai sama dengan KKM atau diatas KKM. Nilai rata-rata pra siklus = 56,67, nilai rata-rata siklus I = 72,62, nilai rata-rata siklus II = 83,57. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan metode Problem Solving pada siswa kelas III SD Negeri Geneng 01 Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo tahun 2016/2017 meningkat. 
Institution Info

IAIN Surakarta