DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PEMBERIAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DAN KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 9 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017
Total View This Week26
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Dewi, Mardiyanti
Hardi, S.Pd., M.Pd.
Subject
2x0 Islam Umum 
Datestamp
2018-01-03 02:29:53 
Abstract :
ABSTRAK Dewi Mardiyanti, Juli 2017, Pengaruh Pemberian Reward dan Pemberian Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII dan Kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017,Skripsi:Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Hardi, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : PemberianReward, PemberianPunishment, MotivasiBelajarSiswa Banyakcaramemotivasisiswa agar mempunyaisemangattinggidalambelajaryaitusalahsatunyadenganmenerapkanpemberianreward (ganjaran / hadiah) danpunishment (hukuman) dalam proses pembelajaran.Tujuan pada penelitian ini adalah (1)Untukmengetahuipengaruhpemberian reward terhadapmotivasibelajarpadasiswa, (2)Untukmengetahuipengaruh punishment terhadapmotivasibelajarpadasiswa, dan (3) untuk mengetahui PengaruhPemberian Reward danPemberian Punishment TerhadapMotivasiBelajarSiswaKelas VII dankelas VIII SMP Muhammadiyah 9 NgemplakBoyolaliTahunAjaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 9 NgemplakBoyolaliTahun 2016/2017, yang dilaksanakan pada bulan April sampaijuli 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Muhammadiyah 9 NgemplakBoyolali Tahun2016/2017 yang berjumlah 175 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak Boyolali Tahun2016/2017 yang berjumlah 122 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah rundom sampling. Uji coba variabel pemberianrewarddiperoleh butir soal yang valid sebanyak 26 butir dari yang diujikan sebanyak 32butir, dengan reliabilitas 0,8902. Uji coba variabel pemberianpunishmentdiperoleh butir soal yang valid sebanyak 26 butir dari yang diujikan sebanyak 32butir, dengan reliabilitas 0,921. Uji coba variabel motivasibelajarsiswadiperoleh butir soal yang valid sebanyak 28 butir dari yang diujikan sebanyak 35butir, dengan reliabilitas 0,915. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji persyaratan normalitas dengan rumus chi kuadrat. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan: 1) Terdapat pengaruh antara pemberian reward dengan motivasi belajar siswa, Hal ini ditunjukkan oleh koefisian korelasi yaitu rxy = rtabel (5%=0,195) < (r hitung = 0,605) dan rxy = rtabel (1%= 0,256) < (r hitung = 0,605). 2)pengaruh positif dan signifikan antara Pemberian Punishment dengan Motivasi Belajar Siswa, Hal ini ditunjukkan oleh koefisian korelasi yaitu rxy = rtabel (5%=0,195) < (r hitung = 0.7349) dan rxy = rtabel (1%= 0,256) < (r hitung = 0.7349). 3). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pemberian Rewarddan pemberian punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa, Hal ini ditunjukkan oleh koefisian korelasi yaitu rxy = rtabel (5%=0,195) < (r hitung = 0,821) dan rxy = rtabel (1%= 0,256) < (r hitung = 0,821). 
Institution Info

IAIN Surakarta