Institusion
IAIN Surakarta
Author
Dewi, Supanti
Ari, Wibowo,S,Si, M.Pd, M.Si
Subject
370 Education
Datestamp
2018-01-03 02:32:26
Abstract :
ABSTRAK
Dewi Supanti, 2017, Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang
Tua Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII Di MTs
Negeri Karangmojo Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran2016/2017,Skripsi:
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,
IAIN Surakarta.
Pembimbing: Ari Wibowo, M.Si., M.Pd.
Kata Kunci: Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar Mata
Pelajaran Aqidah Akhlak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar Aqidah Akhlak siswa
kelas VIII di MTs Negeri Karangmojo yang kurang dari KKM yang telah
ditetapkan, kurangnya perhatian orang tua dalam pengawasan belajar Aqidah
Akhlak kepada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)persepsi
siswa mengenai perhatian ayah siswa kelas VIII MTs Negeri Karangmojo tahun
pelajaran 2016/2017. 2) persepsi siswa mengenai perhatian ibu siswa kelas VIII
MTs Negeri Karangmojo tahun pelajaran 2016/2017. 3) hasil belajar mata
pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Negeri Karangmojotahun
pelajaran 2016/2017. 4) persepsi siswa mengenai perhatian orang tua siswa kelas
VIII MTs Negeri Karangmojo tahun pelajaran 2016/2017.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Karangmojo pada bulan Desember
2016 s/d Juli 2017. Populasi meliputi siswa kelas VIII A s/d D di MTs Negeri
Karangmojo yang berjumlah 131 siswa. Sampel berjumlah 97 siswa. Teknik
pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Metode pengumpulan data
yang digunakan angket, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis
dengan menggunakan SPSS versi 22, yang terdiri dari teknik analisis unit dan uji
prasyarat yang terdiri dari uji normalitas Kolmogorov-smirnov, uji linieritas,
sedangkan untuk mengetahui uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linier
berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Persepsi siswa tentang perhatian
ayah termasuk dalam kategori sedang, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata
sebesar 93,67 dan standar deviasi 6,193. 2) Persepsi siswa tentang perhatian ibu
termasuk dalam kategori sedang, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata sebesar
92,24 dan standar deviasi 5,412. 3) Hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak
siswa kelas VIII MTs Negeri Karangmojo termasuk dalam kategori sedang. Hal
ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata 15,12 dan standar deviasi 2,906. 4)
Berdasarkan analisis data menggunakan regresi linier berganda diperoleh nilai
Fhitung 6,574 > Ftabel 3,09 untuk taraf signikansi 5%, sedangkan untuk taraf
signifikansi 10% Ftabel sebesar 2,36. Berdasarkan kriteria pengujian jika nilai
Fhitung > Ftabel, maka Ha diterima. Jadi kesimpulannya terdapat hubungan positif
antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua terhadap hasil belajar mata
pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs Negeri Karangmojo tahun pelajaran
2016/2017.