Institusion
IAIN Surakarta
Author
Hanifan, Fahmi Hidayat
Prof. Dr. H., Usman Abu Bakar, M.A
Subject
370 Education
Datestamp
2018-01-03 02:32:31
Abstract :
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh Informasi tentang strategi
manajemen marketing Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Klaten Tahun 2016/2017. Tidak
dapat dipungkiri dewasa ini madrasah masih dipandang sekolah kasta kedua setelah
sekolah umum, namun yang terjadi di MAN Klaten adalah animo masyarakat selalu
meningkat setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mediskripsikan strategi
manajemen marketing, faktor pendukung dan penghambat strategi manajemen
marketing Madrasah Aliyah Negeri Klaten.
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di
MAN Klaten pada bulan November-Juni 2017. Subjek penelitian ini Waka Kesiswaan.
Informan, Kepala Madrasah, Waka Humas. Sumber data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik
triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik
analisis interaktif uang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian mengungkap mengenai terlaksananya strategi manajemen
marketing Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Klaten tahun 2016/2017, dapat dideskripsi
dengan mencermati : (1) Sebelum melakasanakan strategi pemasaran telah menetapkan
langkah-langkah dengan membentuk tim promosi yang diberi nama tim sosialisasi. (2)
pemasaran secara langsung dengan mengutus tim promosi yang diberi nama tim
sosialisasi untuk datang ke sekolahan-sekolah guna memperkenalkan produk yang
ditawarkan. (3) Pemasaran secara tidak langsung melalui: mengirim delegasi dalam
event-event atau lomba-lomba, seperti marching band, pramuka, lomba seni (hadrah
dan band), dan bidang olah raga (baket, futsal, pencak silat, tapak suci, dll),
mengadakan try out untuk siswa SMP/MTs, spanduk/brosur dan media online. (4)
Animo masyarakat selama ini terbangun dari siswa yang bersekolah di MAN Klaten. (5)
Faktor pendukung yaitu Sumber Daya Manusia yang ditunjuk menjadi tim sosialisasi itu
sesuai dan mampu untuk memasarakan MAN Klaten dan Dana untuk membuat
brosur/spanduk sudah dianggarkan dari dana BOS. (6) Faktor penghambat adalah
sewaktu sosialisasi langsung ke sekolah membutuhkan armada, sedangkan armada di
MAN Klaten hanya ada satu dan armada sering dipakai Kepala Madrasah.
Kata kunci: Strategi dan Manajemen Marketing