DETAIL DOCUMENT
STRATEGI MANAJEMEN MARKETING MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KLATEN TAHUN 2016/2017
Total View This Week4
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Hanifan, Fahmi Hidayat
Prof. Dr. H., Usman Abu Bakar, M.A
Subject
370 Education 
Datestamp
2018-01-03 02:32:31 
Abstract :
Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh Informasi tentang strategi manajemen marketing Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Klaten Tahun 2016/2017. Tidak dapat dipungkiri dewasa ini madrasah masih dipandang sekolah kasta kedua setelah sekolah umum, namun yang terjadi di MAN Klaten adalah animo masyarakat selalu meningkat setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mediskripsikan strategi manajemen marketing, faktor pendukung dan penghambat strategi manajemen marketing Madrasah Aliyah Negeri Klaten. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MAN Klaten pada bulan November-Juni 2017. Subjek penelitian ini Waka Kesiswaan. Informan, Kepala Madrasah, Waka Humas. Sumber data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif uang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkap mengenai terlaksananya strategi manajemen marketing Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Klaten tahun 2016/2017, dapat dideskripsi dengan mencermati : (1) Sebelum melakasanakan strategi pemasaran telah menetapkan langkah-langkah dengan membentuk tim promosi yang diberi nama tim sosialisasi. (2) pemasaran secara langsung dengan mengutus tim promosi yang diberi nama tim sosialisasi untuk datang ke sekolahan-sekolah guna memperkenalkan produk yang ditawarkan. (3) Pemasaran secara tidak langsung melalui: mengirim delegasi dalam event-event atau lomba-lomba, seperti marching band, pramuka, lomba seni (hadrah dan band), dan bidang olah raga (baket, futsal, pencak silat, tapak suci, dll), mengadakan try out untuk siswa SMP/MTs, spanduk/brosur dan media online. (4) Animo masyarakat selama ini terbangun dari siswa yang bersekolah di MAN Klaten. (5) Faktor pendukung yaitu Sumber Daya Manusia yang ditunjuk menjadi tim sosialisasi itu sesuai dan mampu untuk memasarakan MAN Klaten dan Dana untuk membuat brosur/spanduk sudah dianggarkan dari dana BOS. (6) Faktor penghambat adalah sewaktu sosialisasi langsung ke sekolah membutuhkan armada, sedangkan armada di MAN Klaten hanya ada satu dan armada sering dipakai Kepala Madrasah. Kata kunci: Strategi dan Manajemen Marketing 
Institution Info

IAIN Surakarta