DETAIL DOCUMENT
MANAJEMEN PENERIMAAN GURU AL-QUR’AN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SD DJAMA’ATUL ICHWAN LAWEYAN SURAKARTA
Total View This Week7
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Hanis, Lestari
Drs., Aminuddin, M.S.I
Subject
370 Education 
Datestamp
2018-01-03 02:33:08 
Abstract :
ABSTRAK Hanis Lestari, 2017, Manajemen Penerimaan Guru Dalam Peningkatan Kualitass Pendidikan di SD Djama’atul Ichwan Laweyan Surakarta,Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Drs. Aminuddin, M.S.I. Kata Kunci: Manajemen, Penerimaan Guru,PeningkatanKualitasPendidikan Guru memiliki peran srategis dalam pembangunan pendidikan. Guru yang berkualitas dapat mendidik siswanya secara professional dan pada akhirnya akan menghasilkam siswa yang berkualitas pula. Input yang baik akan menghasilkan output yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Proses Manajeman Penerimaan Guru Al-Qur’an dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dalam tahap Rekrutmen Seleksi dan Orientasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini dilakukan mulaibulan Januari 2017 sampai dengan Juni 2017 yang berada di SD Djama’atulIchwanLaweyan Surakarta. Subyek penelitian ialah Panitia Penerimaan Guru Al-Qur’andanKepalaSekolah, sedangkan informan penelitian ialah Kepala TU, Guru Al-Qur’an serta sumber yang berkaitan dengan manajemen penerimaan guru. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Tahapan selanjutnya analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang Manajemen Penerimaan Guru dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di SD Djama’atul Ichwan Laweyan Surakarta yaitu: (pertama) Proses manajemen penerimaan guru dalam peningkatan kualitas pendidikan di SD Djama’atul Ichwan Laweyan Surakarta. (kedua) Melalui perencanaan penerimaan guru baru yang dilakukan sistematis, pengorganisasian dengan menempatkan orang-orang tepat dan kompeten, pelaksanaan yang terstuktur dan terstandar dan pengawasan yang dilakukan pada waktu proses penerimaan guru dilakukan dengan tujuan peningkatan kualitas pendidikan di SD Djama’atul Ichwan Laweyan Surakarta(ketiga) Panitia selalu melakukan koordinasi kepada seluruh personil agar selalu menekankan pentingnya penerimaan guru baru guna peningkatan kualitas pendidikan di SD Djama’atul Ichwan Laweyan Surakarta. ABSTRACT Hanis Lestari, 2017, Management of Teacher Reception in Improving the Quality of Education at SD Djama'atul Ichwan Laweyan Surakarta, Thesis: Department of Islamic Religious Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Surakarta. Supervisor: Drs. Aminuddin, M.S.I. Keywords: Management, Teacher Reception, Quality ImprovementEducation Teachers have a strategic role in educational development. Qualified teachers can educate their students professionally and will ultimately produce quality students as well. A good input will produce a good output too. This study aims to find out: Process Management Acceptance of Al-Qur'an Teachers in Improving the Quality of Education in the Recruitment Selection and Orientation Stages. This research uses qualitative approach with descriptive qualitative research type, this research is done from January 2017 until June 2017 which is in SD Djama'atulIchwanLaweyan Surakarta. The subject of research is the Admission Committee of Teachers Al-Qur'andanKepalaSekolah, while the research informant is the Head of TU, Guru Al-Qur'an and sources related to the management of teacher acceptance. Data collection methods used in this study are observation, interviews, and documentation. To test the validity of data in this research used triangulation of source and triangulation method. The next stage of data analysis is data collection, data reduction, data presentation and conclusion. Results of research on the Management of Admission of Teachers in Improving the Quality of Education in SD Djama'atul Ichwan Laweyan Surakarta are: (first) The process of teacher acceptance management in improving the quality of education in elementary school Djama'atul Ichwan Laweyan Surakarta. (second) Through the planning of recruitment of new teachers conducted systematic, organizing by placing the right people and competent, structured and standardized implementation and supervision conducted during the process of teacher acceptance is done with the aim of improving the quality of education in elementary school Djama'atul Ichwan Laweyan Surakarta (third) Committee always coordinate to all personnel to always emphasize the importance of new teacher recruitment for improvement of education quality at SD Djama'atul Ichwan Laweyan Surakarta. 
Institution Info

IAIN Surakarta