Institusion
IAIN Surakarta
Author
Hanis, Lestari
Drs., Aminuddin, M.S.I
Subject
370 Education
Datestamp
2018-01-03 02:33:08
Abstract :
ABSTRAK
Hanis Lestari, 2017, Manajemen Penerimaan Guru Dalam Peningkatan Kualitass
Pendidikan di SD Djama’atul Ichwan Laweyan Surakarta,Skripsi: Jurusan
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta.
Pembimbing: Drs. Aminuddin, M.S.I.
Kata Kunci: Manajemen, Penerimaan Guru,PeningkatanKualitasPendidikan
Guru memiliki peran srategis dalam pembangunan pendidikan. Guru yang
berkualitas dapat mendidik siswanya secara professional dan pada akhirnya akan
menghasilkam siswa yang berkualitas pula. Input yang baik akan menghasilkan
output yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Proses
Manajeman Penerimaan Guru Al-Qur’an dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan
dalam tahap Rekrutmen Seleksi dan Orientasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif kualitatif, penelitian ini dilakukan mulaibulan Januari 2017 sampai
dengan Juni 2017 yang berada di SD Djama’atulIchwanLaweyan Surakarta.
Subyek penelitian ialah Panitia Penerimaan Guru Al-Qur’andanKepalaSekolah,
sedangkan informan penelitian ialah Kepala TU, Guru Al-Qur’an serta sumber
yang berkaitan dengan manajemen penerimaan guru. Metode pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan
triangulasi sumber dan triangulasi metode. Tahapan selanjutnya analisis data yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian tentang Manajemen Penerimaan Guru dalam Peningkatan
Kualitas Pendidikan di SD Djama’atul Ichwan Laweyan Surakarta yaitu:
(pertama) Proses manajemen penerimaan guru dalam peningkatan kualitas
pendidikan di SD Djama’atul Ichwan Laweyan Surakarta. (kedua) Melalui
perencanaan penerimaan guru baru yang dilakukan sistematis, pengorganisasian
dengan menempatkan orang-orang tepat dan kompeten, pelaksanaan yang
terstuktur dan terstandar dan pengawasan yang dilakukan pada waktu proses
penerimaan guru dilakukan dengan tujuan peningkatan kualitas pendidikan di SD
Djama’atul Ichwan Laweyan Surakarta(ketiga) Panitia selalu melakukan
koordinasi kepada seluruh personil agar selalu menekankan pentingnya
penerimaan guru baru guna peningkatan kualitas pendidikan di SD Djama’atul
Ichwan Laweyan Surakarta.
ABSTRACT
Hanis Lestari, 2017, Management of Teacher Reception in Improving the Quality
of Education at SD Djama'atul Ichwan Laweyan Surakarta, Thesis: Department
of Islamic Religious Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN
Surakarta.
Supervisor: Drs. Aminuddin, M.S.I.
Keywords: Management, Teacher Reception, Quality ImprovementEducation
Teachers have a strategic role in educational development. Qualified
teachers can educate their students professionally and will ultimately produce
quality students as well. A good input will produce a good output too. This study
aims to find out: Process Management Acceptance of Al-Qur'an Teachers in
Improving the Quality of Education in the Recruitment Selection and Orientation
Stages.
This research uses qualitative approach with descriptive qualitative
research type, this research is done from January 2017 until June 2017 which is in
SD Djama'atulIchwanLaweyan Surakarta. The subject of research is the
Admission Committee of Teachers Al-Qur'andanKepalaSekolah, while the
research informant is the Head of TU, Guru Al-Qur'an and sources related to the
management of teacher acceptance. Data collection methods used in this study are
observation, interviews, and documentation. To test the validity of data in this
research used triangulation of source and triangulation method. The next stage of
data analysis is data collection, data reduction, data presentation and conclusion.
Results of research on the Management of Admission of Teachers in
Improving the Quality of Education in SD Djama'atul Ichwan Laweyan Surakarta
are: (first) The process of teacher acceptance management in improving the
quality of education in elementary school Djama'atul Ichwan Laweyan Surakarta.
(second) Through the planning of recruitment of new teachers conducted
systematic, organizing by placing the right people and competent, structured and
standardized implementation and supervision conducted during the process of
teacher acceptance is done with the aim of improving the quality of education in
elementary school Djama'atul Ichwan Laweyan Surakarta (third) Committee
always coordinate to all personnel to always emphasize the importance of new
teacher recruitment for improvement of education quality at SD Djama'atul
Ichwan Laweyan Surakarta.