Institusion
IAIN Surakarta
Author
Fatchi, Robani
Yayan, Andrian, S.Ag. M.Ed. Mgmt
Subject
370 Education
Datestamp
2018-01-03 02:34:58
Abstract :
Fatchi Robani, Juli 2017, Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan di MAN 3 Sragen Tahun 2016/2017, Skripsi: Jurusan Pendidikan
Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta.
Pembimbing : Yayan Andrian, S.Ag., M.Ed. Mgmt
Kata Kunci : Kepala Madarsah, Mutu Pendidikan
Permasalahan dalam penelitian ini adalah peran kepala madrasah yang
baru belum melaksanakan perannya dengan maksimal, mutu yang ada di
madrasah masih rendah jika dibandingkan mutu yang ada di sekolah umum, dan
Pergantian kepala madrasah merupakan sesuatu yang lazim terjadi. Namun
demikian, hal ini dapat mempengaruhi proses peningkatkan mutu pendidikan
apabila kepala madrasah lamban dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan
dan budaya organisasi madrasah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di
MAN 3 Sragen Tahun 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dilaksanakan di
MAN 3 Sragen pada tanggal 29 April 2017 – 15 Juni 2017. Subjek dari penelitian
ini adalah Kepala MAN 3 Sragen, sedangkan yang menjadi informan adalah wakil
kepala madrasah, siswa, guru dan karyawan di MAN 3 Sragen. Data dikumpulkan
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek
keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Teknik
analisisnya menggunakan model analisis data model interaktif, tahap yang
ditempuh yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah peran kepala madrasah sebagai leader
adalah: a) memberikan dorongan dan motivasi terhadap guru dan karyawan, b)
Mengelola perubahan dan pengembangan, c) Menciptakan budaya dan iklim
madrasah yang kondusif, d) Mengelola guru dan karyawan, e) Pengembangan
aktivitas siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler, yaitu: menjahit, otomotif,
pramuka, dan hadroh, f) Pengembangan iman dan taqwa melalui kegiatan di bulan
Ramadhan, yaitu MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa), pengumpulan zakat,
dan pembagian zakat. Sedangkan peran kepala madrasah sebagai inovator adalah:
a) Peningkatan kompetensi guru, melalui: diklat dan MGMP (Musyawarah Guru
Mata Pelajaran), b) Peningkatan nilai-nilai hasil ujian siswa, melalui: try out, les,
dan training ESQ, c) Mengikutkan siswa dalam kegiatan lomba, seperti:
(Kompetisi Sains Madrasah) dan AKSIOMA (Ajang Kompetisi Seni dan
Olahraga Madrasah), d) Peningkatan jumlah siswa baru, e) Pengembangan sarana
dan prasarana, f) Pengembangan model-model pembelajaran bagi guru-guru.