Abstract :
ABSTRAK
Nanik Umaroh, Juli 2017, Pengembangan Pembelajaran Al Qur‟an Di Taman
Pendidikan Al Qur‟an (TPA) Riyadlus Sholihin Desa Kalicebong Krasak
Teras Boyolali Tahun 2016/2017, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam
Negeri Surakarta.
Pembimbing : Dra. Hj. Noor Alwiyah, M. Pd.
Kata Kunci : Pengembangan Pembelajaran, Al Qur‟an
Masalah dalam penelitian ini adalah banyak anak-anak khususnya di desa
Kalicebong yang tidak mampu membaca Al Qur‟an dengan baik dan benar
sehingga orang tua memasukkan anaknya ke lembaga TPA. Karena pembelajaran
difokuskan pada anak, pembelajaran di TPA harus dikelola agar menarik dan
menyenangkan. Banyak lembaga TPA yang menggunakan materi dan kurikulum
yang terbatas yakni hanya membaca dan menulis Al Qur‟an. TPA Riyadlus
Sholihin berupaya mengembangkan komponen pembelajaran yang ada seperti
materi, strategi, serta media sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik
dan menyenangkan bagi anak-anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui: Proses pengembangan pembelajaran Al Qur‟an di TPA Riyadlus
Sholihin Desa Kalicebong Krasak Teras Boyolali tahun 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif, dilaksanakan
di TPA Riyadlus Sholihin pada bulan Februari sampai Juli 2017. Subyek
penelitian adalah ketua TPA dan ustadzah kelas B1 TPA Riyadlus Sholihin,
informannya adalah santri-santri TPA, ustad dan ustadzah TPA, Kepala Desa,
takmir Masjid. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,
dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data menggunakan teknik triangulasi
sumber dan triangulasistrategi, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan
analisis interaktif dengan langkah-langkah yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data, dan penarikan data.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan
pembelajaran Al Qur‟an di TPA Riyadlus Sholihin meliputi pengembangan
komponen materi yakni pengetahuan keagamaan meliputi materi akidah akhlak,
tauhid, tahsin bacaan, kitabah, dan sirah; keterampilan keagamaan meliputi
pembiasaan berdo‟a, sholat berjama‟ah, membaca iqro‟, melakukan simulasi
berbagai adab keseharian; pengalaman keagamaan meliputi pengalaman
menjalankan sholat, pengalaman mengaji, pengalaman menerapkan materi tahsin,
pengalaman kitabah; penghayatan tauhid meliputi kegiatan tadabur alam,
keyakinan tentang kebenaran kisah Nabi lewat film. Pengembangan pembelajaran
melalui beberapa tahapan: menentukan tujuan pembelajaran, merencanakan
program pembelajaran yang diterapkan, persiapan pelaksanaan pembelajaran,
melaksanakan pembelajaran, melakukan evaluasi. Pengembangan komponen
strategi pembelajaran meliputi hafalan dengan strategi talaqqi, muroja‟ah, dengan
irama muri-q (murattal irama Qur‟an), permainan adapun pengembangan
komponen media pembelajaran meliputi LCD untuk menonton film, media alam
dalam kegiatan tadabur alam, penggunaan buku dalam pembelajaran kitabah.
ABSTRACT
Nanik Umaroh, July 2017, Development of Qur'an Learning In Quran Educational
Park (TPA) Riyadlus Sholihin Village Kalicebong Krasak Terrace
Boyolali Year 2016/2017, Thesis: Islamic Education Department, Faculty
of Tarbiyah and Teacher Training, Institute of Islamic Religion Negeri
Surakarta.
Counselor : Dra. Hj. Noor Alwiyah, M. Pd.
Keywords : Development of Learning, Al Qur'an
The problem in this study is that many children, especially in the village of
Kalicebong who are unable to read the Qur'an properly and correctly so that
parents enter their children to the TPA institution. Because learning is focused on
children, learning in the TPA should be managed in order to be interesting and
fun. Many TPA institutions use limited materials and curricula that only read and
write the Qur'an. TPA Riyadlus Sholihin seeks to develop existing learning
components such as materials, strategies, and media so that the learning process
becomes more interesting and fun for children. The purpose of this research is to
know: The process of learning development of Qur'an at TPA Riyadlus Sholihin
Village Kalicebong Krasak Teras Boyolali year 2016/2017.
This research uses descriptive qualitative approach, conducted in Riyadlus
Sholihin Landfill in February to July 2017. The research subjects are TPA and
Qust court teacher B1 TPA Riyadlus Sholihin, the informants are TPA students,
ustad and ustadzah TPA, Village Head, takmir Mosque. The data collection used
is observation, interview, documentation. To know the validity of data using
triangulation technique of source and triangulation strategy, while data analysis
technique is done by interactive analysis with the steps used is data reduction, data
presentation, and data withdrawal.
Based on the result of the research