DETAIL DOCUMENT
MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIZH DI MA TAHFIZH NURUL IMAN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week19
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Nisa, Musthofiyatul Hasanah
Dr., Imam Makruf, S, Ag., M, Pd.
Subject
370 Education 
Datestamp
2018-01-03 02:40:41 
Abstract :
ABSTRAK Nisa Musthofiyatul, Juli 2017, Manajemen Pembelajaran Tahfizh di MA Tahfizh Nurul Iman Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017,Skripsi: Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta. Pembimbing: Dr. Imam Makruf, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Tahfizhul Qur’an. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sistem menghafal dan setoran dalam menghafal Al-Qur’an memang sangat tergantung pada kemandirian dan kedisiplinan masing-masing individu penghafal Al-Qur’an. Rendahnya kesadaran individu untuk mengulangi hafalannya dan menyetorkannya secara mandiri kepada guru menjadi kendala bagi mas’ul tahfizhhal ini dikarenakan emosi santriwati yang belum stabil yang menyebabkan semangat menghafal mereka naik turun akan tetapi terlepas dari itu pada akhirnya santriwati bisa menyelesaikan hafalannya 30 juz. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui manajemen pembelajaran Tahfizh terkait dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi di MA Tahfizh Nurul Iman, Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di MA Tahfizh Nurul Iman dimulai dari Februari-Juni 2017. Subyek penelitian adalah Asatidzah dan informan dalam penelitian adalah mudir madrasah dan santriwati MA Tahfizh Nurul Iman. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metodologis. Teknik analisis data dalam penelitian ini, melalui langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran Tahfizh di MA Tahfizh Nurul Iman Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017 adalah: (1) Perencanaan pembelajaran Tahfizh, pihak madrasah tidak membuat RPP melainkan membuat buku panduan Ponpes yang menyerupai RPP yang biasanya digunakan dalam pembelajaran, akan tetapi buku ini sifatnya masih umum sehingga yang fokus pada pembelajaran Tahfizh hanya sedikit (2) Pelaksanaan pembelajaran Tahfizh dilaksanakan melalui kegiatan muroja’ah dan kegiatan ziyadah sedangkan proses menghafalnya dimulai dengan Bi Nadzor, kemudian takrir ke ustadzah dengan cara talaqqi (3) Evaluasi pembelajaran Tahfizh dilaksanakan melalui tes formatif dan tes sumatif. Tes formatif dilakukan setiap pagi untuk mengetahui seberapa banyak peningkatan hafalannya sedangkan tes sumatif dilakukan pada tes tengah semester dan akhir semester. Sejauh ini output yang dihasilkan sudah mencapai target yang diinginkan walaupun ada beberapa santriwati yang masih proses menuju 30 juz akan tetapi terlepas dari itu pihak MA tetap memperhatikan kriteria menghafal seperti kelancaran, tajwid, tahsin, dan adab hal ini menjadikan MA Tahfizh meraih beberapa juara diajang perlombaan Tahfizh. 
Institution Info

IAIN Surakarta