Institusion
IAIN Surakarta
Author
Nuning, Pratiwi
H., Syamsul Huda Rohmadi, M.Ag
Subject
2x0 Islam Umum
Datestamp
2018-01-03 02:40:50
Abstract :
ABSTRAK
Nuning Pratiwi (26.10.3.1.144). Juli. 2017. Manajemen Perencanaan Kurikulum
Pendidikan Agama Islam di SDIT Nur Hidayah Surakarta. Skripsi: Program Studi
Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. IAIN Surakarta.
Pembimbing : H. Syamsul Huda Rohmadi, M, Ag
Kata Kunci : Manajemen Perencanaan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam
Pendidikan merupakan bekal dalam memaknai kehidupan. Kurikulum
adalah jantung pendidikan. Berhasil tidaknya suatu pendidikan, mampu tidaknya
seorang anak didik dan pendidik dalam menyerap dan memberikan pengajaran,
dan tercapai tidaknya suatu tujuan pendidikan sangat ditentukan oleh kurikulum.
Bagian terpenting dalam melakukan manajemen adalah memahami teori dari
manajemen dan konsep perencanaan kurikulum itu sendiri karena hal tersebut
merupakan sebuah landasan serta objek yang akan dirumuskan. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen perencanaan kurikulum pendidikan
agama Islam di SDIT Nur Hidayah Surakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif, dilakukan
pada bulan Mei-Juli 2017 dan bertempat di SDIT Nur Hidayah Surakarta. Subyek
dalam penelitian ini adalah Waka kurikulum, sedangkan informan yaitu Kepala
Sekolah, koordinator PAI, guru dan staf. Pengumpulan data dilakukan dengan
cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian
dianalisa dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
terakhir penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen perencanaan
kurikulum pendidikan agama Islam yang ada di SDIT Nur Hidayah Surakarta.
Yakni: 1) Manajemen perencanaan kurikulum PAI merupakan kemampuan dalam
merencanakan kesempatan-kesempatan belajar dan segala bentuk pengalaman
belajar yang diterima untuk mempersiapkan peserta didik untuk mencapai tujuan
pendidikan dengan menghasilkan output siswa yang berkualitas dengan
pemahaman yang benar dan daya aplikasi serta internalisasi nilai-nilai Islam
dalam kehidupan secara menyeluruh dan utuh. 2) Langkah-langkah perencanaan
kurikulum PAI sebagai berikut: prakiraan dengan mengadakan workshop
pembinaan pendidikan yang dihadiri oleh seluruh guru, perumusan tujuan
berdasarkan KI dan KD dari Dinas dan muatan yang ada pada standar PAI SDIT
oleh JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) Indonesia, pengambilan kebijakan
berdasarkan hasil workshop pendidikan-evaluasi-forum guru mata pelajaran dan
hasilnya dimatangkan oleh pimpinan sekolah yang kemudian dirumuskan dalam
bentuk tujuan pendidikan, penyusunan berdasarkan pada kalender pendidikan dan
jadwal mata pelajaran yang telah dirumuskan, pemrograman berasaskan
keterpaduan dalam rangka menginternalisasikan nilai-nilai Islam secara utuh dan
menyeluruh, penjadwalan, adalah penentuan waktu dalam perencanaan kurikulum
adalah di awal tahun ajaran baru, sebelum peserta didik masuk sekolah,
pembiayaan merupakan pembuatan RAK (Rancangan Anggaran Kerja) yang
dirumuskan pada awal tahun ajaran.