Institusion
IAIN Surakarta
Author
Nur, Aini Habibah
Muh., Fajar Shodiq, M.Ag
Subject
2x5 Akhlak dan Tasawuf
Datestamp
2018-01-03 02:40:56
Abstract :
ABSTRAK
Nur Aini Habibah, 2017, Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Novel Ayahku
(Bukan) Pembohong, Skripsi: Program Studi Pendidian Agama Islam, Fakultas
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta.
Pembimbing: Muh. Fajar Shodiq, M. Ag
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak, Novel Ayahku (Bukan) Pembohong
karya Tere Liye
Akhlak menjadi pondasi bagi suatu bangsa, sebab suatu bangsa akan maju
apabila pemimpin dan warganya berakhlak mulia begitu juga sebaliknya. Untuk
itu, akhlak dijadikan dasar pijakan dalam berperilaku. Jika perilaku yang timbul
baik maka dikatakan akhlak terpuji. Sebaliknya, jika perilaku yang timbul adalah
buruk maka dikatakan akhlak yang tercela. Maka dari itu, akhlak harus
ditanamkan dan bentuk sedini mungkin. Melihat kondisi sekarang ini di mana
banyak para generasi muda yang memiliki akhlak kurang baik. Nilai pendidikan
akhlak dapat dijadikan pegangan oleh manusia, sebab nilai pendidikan akhlak ini
sangatlah penting dalam pembentukan akhlak seorang anak. Novel yang berjudul
Ayahku (Bukan) Pembohong ini merupakan karya satra yang memaparkan kisah
seorang anak yang dibesarkan dengan kesederhanaan hidup. Novel ini dapat
memberikan kesadaran untuk menenguhkan kembali keyakinan dan kecintaan
pada keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai
pendidikan akhlak dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Reserch). Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode dokumentasi.
Analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah teknik analisis isi (content
analysis). Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa nilai-nilai
pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Ayahku (bukan) Pembohong karya
Tere Liye adalah 1) nilai pendidikan akhlak terhadap Allah SWT yang meliputi:
qona‟ah, zuhud dan syukur, 2) nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri yang
meliputi: sabar, pemaaf, pantang menyerah, pemberani, mandiri, bertanggung
jawab, jujur, tidak sombong, disiplin, dan bekerja keras, 3) nilai pendidikan
akhlak terhadap sesama antara lain: a) nilai pendidikan akhlak terhadap orangtua
yang meliputi: menyayangi kedua orangtua, berkata pada orangtua dengan lemah
lembut dan sopan, perhatian terhadap orangtua, b) nilai pendidikan akhlak
terhadap teman yang meliputi membantu teman yang membutuhkan, tidak
menghina atau meremehkan teman, memaafkan kesalahan teman, c) nilai
pendidikan akhlak terhadap orang lain yang meliputi bersikap baik terhadap orang
lain, menghargai orang lain, peduli, bersosialisasi dengan orang banyak, dan
tolong-menolong.