Institusion
IAIN Surakarta
Author
Zakiyah, Eka Pratiwi
Yayan, Andrian, S.Ag. M.Ed. Mgmt
Subject
370 Education
Datestamp
2018-01-03 02:41:03
Abstract :
Zakiyah Eka Pratiwi, Juli 2017. PelaksanaanStrategi Pemasaran Sekolah dalam
Menarik Minat Peserta Didik Baru di MI Muhammadiyah Bolon Colomadu
Karanaganyar Tahun Prlajaran 2016/2017. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta
Pembimbing: Yayan Andriyan, S.Ag., M.Ed.Mgmt
Kata Kunci : Strategi Pemasaran Sekolah, Minat Peserta Didik
Masalah dalam penelitian ini adalah saat ini banyak sekali lembaga-lembaga
pendidikan yang berdiri tetapi jumlah peserta didik semakin sedikit. Hal ini
menakibatkan lembaga-lembaga pendidikan saling bersaing untuk mendapatkan
pesrta didik yang banyak. Apabila sekolah tersebut bisa bersaing maka akan
mendapatkan peserta didik yang banyak. Akan tetapi apa bila tidak dapat
bersaing dengan yang lainnya makasekolah tersebut mendapatkan peserta dididk
yang sedikit bahkan banyak yang ditutup karena tidak ada peserta didiknya.
Jumlah peserta didik di MI Muhammadiyah Bolon mengalami naik turun setiap
tahunnya, bahkan pada tuhun 2010 jumlah keseluruhan peserta didiknya hanya 39.
Akan tetapi sekolah terus berusaha dengan segala cara untuk meningkatkan
jumlah peserta didik. Saat ini jumlah peserta didiknya sudah mencapai 224.
tujuan penelitian ini yaitu untuk metahui strategi pemasran yang dilakukan di MI
Muhammadiyah Bolon dalam menarik minat peserta didik baru.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian
dilaksanakan di MI Muhammadiyah Bolon Colomadu Karanganyar dari bulam
April 2017 sampai bulan Juli 2017. subjek penelitian ini yakni kepala sekolah dan
guru, sedangkan untuk informan yakni peserta didik dan wali murid.
Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Sedangkan untuk menganalisis data, tahapan-tahapan yang dilakukan peneliti
adalah mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran untuk
menarik minat peserta didik baru dilakukan dengan cara promosi. Promosi yang
dilakukan ada dua macam yaitu ketika PPDB dan ketika diluar PPDB. Promosi
yang dilakukan ketika PPDB yaitu dengan pemasangan sepanduk, banner, rontek,
pamflet dan pembagian brosur. Selain itu juga melakukan presentasi ke TK-TK
dan nasyarakat. Kemudian untuk poromosi yang dilakukan diluar PPDB yaitu
dengan melakukan kegiatan-kegiatan seperti lomba-lomba dan exspo pendidikan
untuk TK-TK, mengadakan kagiatan jalan sehat setiap bulan sekali, pawai
keliling wilayah dengan memberikan informasi tentang kegiatan sekolah,
mempererat hubungan dengan masyarakat yaitu dengan pembagian kalender,
pembagian jadwal imsakiyah, mengadakan pengajian, pembagian zakat fitrah dan
daging kurban pada masyarakat di sekitar sekolah.