Institusion
IAIN Surakarta
Author
Nur, Khasanah
Drs. H., Suparmin, M.Pd
Subject
370 Education
Datestamp
2018-01-03 02:42:19
Abstract :
ABSTRAK
Nur Khasanah, 13.31.1.1.402, Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan Di SMP Darussalam Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017,
Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan, IAIN Surakarta.
Pembimbing: Drs. H. Suparmin, M.Pd.
Kata Kunci: Upaya Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan
SMP Darussalam Surakarta merupakan lembaga pendidikan Islam yang
lahir sudah cukup lama di bawah naungan yayasan Darussalam, yang termasuk
sekolah swasta dan tengah berkembang maupun bersaing dengan beberapa
lembaga pendidikan sederajat di kota Surakarta. Kondisi ini menuntut untuk
selalu berusaha meningkatkan mutu pendidikan. Kepala sekolah memiliki peranan
amat penting untuk mengendalikan maupun menggerakkan seluruh warga sekolah
demi mewujudkan cita-cita bersama. Salah satu cita-cita bersama pada lembaga
pendidikan ialah mutu pendidikan, adapun mutu pendidikan sesuatu yang harus
diperjuangkan dan dipertahankan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP
Darussalam Surakarta terkait dengan indikator input, proses, output pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilaksanakan
di SMP Darussalam Surakarta, pada bulan November 2016 sampai Mei 2017.
Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala SMP Darussalam Surakarta, sedangkan
informannya adalah komite sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa dan wali
murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara
observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penguji keabsahan data digunakan
teknik triangulasi sumber dan metode. Sedangkan analisis data mengunakan
analisis kualitatif interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya kepala sekolah
dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Darussalam dilihat pada indikator
input, proses, output. Adapun upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu
pendidikan kaitanya indikator input ialah menyiapkan pendidik yang professional;
baik melalui pembinaan; diskusi maupun rapat; seminar akademik;
mengikutsertakan pelatihan, workshop; dan diklat, menyempurnakan strategi
rekrutmen siswa melalui promosi. Upaya kepala SMP Darussalam dalam
meningkatkan mutu pendidikan kaitanya indikator proses ialah mengondisikan
lingkungan pembelajaran yang aman; nyaman; dan menstimulasi dalam belajar,
membuat program-program sesuai dengan kebutuhan siswa diantaranya; tahfidzul
qur’an; mentoring bacaan al-qur’an; pembinaan ibadah; kegiatan ekstrakurikuler,
memberikan motivasi belajar; baik pemberian reward dan punishment kepada
guru maupun siswa. Upaya kepala SMP Darussalam dalam meningkatkan mutu
pendidikan kaitanya indikator output, ialah berusaha untuk berprestasi dalam
akademik dan non akademik.