Institusion
IAIN Surakarta
Author
Nurul, Fatimah
Dra., Hj. Tasnim Muhammad, M. Ag.
Subject
2x4 Fikih
Datestamp
2018-01-03 03:08:19
Abstract :
ABSTRAK
Nurul Fatimah, 133111331, Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih dengan Kitab Al-
Fiqh Al-Manhaji ‘Ala Madzhabil Imam Asy-Syafi’i di Pendidikan Diniyah Adh-
Dhuhaa Gentan, Baki, Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi: Jurusan
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta.
Pembimbing : Dra. Hj. Tasnim Muhammad, M.Ag.
Kata Kunci : Pembelajaran Fiqih, Kitab Al-Fiqh Al-Manhaji ‘Ala Madzhabil
Imam Asy-Syafi’i
Pendidikan Diniyah untuk membekali santri ilmu tentang fiqih dalam hal
beribadah dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari di lembaga
maupun masyarakat. Selain itu, untuk menambah ilmu dalam segi agama.
Kemudian pembelajaran fiqih ini juga untuk meningkatkan ibadah sehingga santri
menjadi lebih paham dan menambah keyakinannya dalam beribadah. Salah
satunya pondok pesantren Adh-Dhuhaa Sukoharjo melaksanakan pembelajaran
fiqih dengan kitab Al-Fiqh Al-Manhaji ‘Ala Madzhabil Imam Asy-Syafi’i
berbahasa Arab tanpa harakat. Sebagai Pendidikan Diniyah yang bermadzhab
Imam Syafi‟i menerapkan langsung kitab dari Imam Syafi‟i. Adapun rumusan
masalah adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan kitab Al-Fiqh
Al-Manhaji ‘Ala Madzhabil Imam Asy-Syafi’i di Pendidikan Diniyah Adh-Dhuhaa
Gentan, Baki, Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan kitab Al-Fiqh Al-
Manhaji ‘Ala Madzhabil Imam Asy-Syafi’i di Pendidikan Diniyah Adh-Dhuhaa
Gentan, Baki, Sukoharjo hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh
ustadz yang mengajar fiqih untuk menyampaikan mata pelajaran dengan baik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Adh-Dhuhaa Gentan, Baki,
Sukoharjo. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Januari-Agustus 2017. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Subjek penelitian ini adalah ustadz pembelajaran fiqih dan santri, sedangkan
informan adalah pemimpin pondok pesantren Adh-Dhuhaa dan koordinator
pendidikan diniyah. Dalam penguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi
sumber dan metode. Sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif
interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan
pembelajaran fiqih dengan kitab Al-Fiqh Al-Manhaji ‘Ala Madzhabil Imam Asy-
Syafi’i di Pendidikan Diniyah Adh-Dhuhaa Gentan, Baki, Sukoharjo yaitu tahap
prainstruksional adalah menanyakan kabar santri, membahas materi pembelajaran
sebelumnya dengan cara bertanya kepada santri atau dengan cara menunjuk salah
satu santri untuk memberikan jawaban materi sebelumnya. Tahap instruksional
sesuai dengan komponen-komponen yaitu terdapat tujuan, materi, metode, dan
media pembelajaran fiqih. Tahap evaluasi dan tahap tindak lanjut yaitu
menyimpulkan materi pembelajaran dan memberikan tugas seperti hafalan doa
tertentu yang sesuai dengan materi pembelajaran.