DETAIL DOCUMENT
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN KITAB AL-FIQH AL-MANHAJI ‘ALA MADZHABIL IMAM ASY-SYAFI’I DI PENDIDIKAN DINIYAH ADH-DHUHAA GENTAN, BAKI, SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week6
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Nurul, Fatimah
Dra., Hj. Tasnim Muhammad, M. Ag.
Subject
2x4 Fikih 
Datestamp
2018-01-03 03:08:19 
Abstract :
ABSTRAK Nurul Fatimah, 133111331, Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih dengan Kitab Al- Fiqh Al-Manhaji ‘Ala Madzhabil Imam Asy-Syafi’i di Pendidikan Diniyah Adh- Dhuhaa Gentan, Baki, Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dra. Hj. Tasnim Muhammad, M.Ag. Kata Kunci : Pembelajaran Fiqih, Kitab Al-Fiqh Al-Manhaji ‘Ala Madzhabil Imam Asy-Syafi’i Pendidikan Diniyah untuk membekali santri ilmu tentang fiqih dalam hal beribadah dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari di lembaga maupun masyarakat. Selain itu, untuk menambah ilmu dalam segi agama. Kemudian pembelajaran fiqih ini juga untuk meningkatkan ibadah sehingga santri menjadi lebih paham dan menambah keyakinannya dalam beribadah. Salah satunya pondok pesantren Adh-Dhuhaa Sukoharjo melaksanakan pembelajaran fiqih dengan kitab Al-Fiqh Al-Manhaji ‘Ala Madzhabil Imam Asy-Syafi’i berbahasa Arab tanpa harakat. Sebagai Pendidikan Diniyah yang bermadzhab Imam Syafi‟i menerapkan langsung kitab dari Imam Syafi‟i. Adapun rumusan masalah adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan kitab Al-Fiqh Al-Manhaji ‘Ala Madzhabil Imam Asy-Syafi’i di Pendidikan Diniyah Adh-Dhuhaa Gentan, Baki, Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan kitab Al-Fiqh Al- Manhaji ‘Ala Madzhabil Imam Asy-Syafi’i di Pendidikan Diniyah Adh-Dhuhaa Gentan, Baki, Sukoharjo hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh ustadz yang mengajar fiqih untuk menyampaikan mata pelajaran dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Adh-Dhuhaa Gentan, Baki, Sukoharjo. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Januari-Agustus 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah ustadz pembelajaran fiqih dan santri, sedangkan informan adalah pemimpin pondok pesantren Adh-Dhuhaa dan koordinator pendidikan diniyah. Dalam penguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran fiqih dengan kitab Al-Fiqh Al-Manhaji ‘Ala Madzhabil Imam Asy- Syafi’i di Pendidikan Diniyah Adh-Dhuhaa Gentan, Baki, Sukoharjo yaitu tahap prainstruksional adalah menanyakan kabar santri, membahas materi pembelajaran sebelumnya dengan cara bertanya kepada santri atau dengan cara menunjuk salah satu santri untuk memberikan jawaban materi sebelumnya. Tahap instruksional sesuai dengan komponen-komponen yaitu terdapat tujuan, materi, metode, dan media pembelajaran fiqih. Tahap evaluasi dan tahap tindak lanjut yaitu menyimpulkan materi pembelajaran dan memberikan tugas seperti hafalan doa tertentu yang sesuai dengan materi pembelajaran. 
Institution Info

IAIN Surakarta