DETAIL DOCUMENT
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI SMP AL-ISLAM KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018
Total View This Week1
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Nurul, Khamidah
Dr., Imam Makruf, S, Ag., M, Pd.
Subject
2x4 Fikih 
Datestamp
2018-01-03 03:08:21 
Abstract :
ABSTRAK Nurul Khamidah (133111013), 2017, Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di SMP Al- Islam Kartasura Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi:Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Pembimbing : Dr.Imam Makruf, S.Ag,M.Pd Kata Kunci : Upaya Guru, Kemampuan Kognitif, Fikih Guru yang kompeten dan profesional dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa di semua mata pelajaran, tidak terkecuali pada pelajaran Fikih. Memberikan pemahaman yang benar pada mata pelajaran Fikih, ranah yang disentuh paling dasar adalah dapat mengembangkan kemampuan kognitif siswa yang baik, setelah itu berlanjut pada ranah afektif dan psikomotornya. Namun pada kenyataannya masih banyak dari lembaga pendidikan masih ada guru yang belum melaksankan tugasnya sesuai dengan kompetensi guru yang diharapkan. SMP Al-Islam Kartasura memiliki guru Fikih yang kompeten dengan melaksanakan upaya-upaya agar kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Fikih semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VIII di SMP Al-Islam Kartasura Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Al-Islam Kartasura mulai bulan Juni 2017- Agustus 2017. Subyek penelitian adalah guru Fikih dan siswa-siswa kelas VIII. Informan penelitian ini kepala sekolah, guru, wali siswa.Teknik pengumpulan data yang dipakai observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang dipakai triangulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis dengan model interaktif meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VIII di SMP Al-Islam Kartasura yaitu mengkondisikan kelas dengan memberikan motivasi dan nasehat, menggunakan metode dan strategi yang tepat, memberikan punishment yang mendidik, melakukan pendekatan pada siswa dengan home visit, komunikasi yang interaktif dengan siswa dan melakukan evaluasi. 
Institution Info

IAIN Surakarta