Institusion
IAIN Surakarta
Author
Riana, Pratiwi
Drs., Aminuddin, M.S.I
Subject
152 Perception, movement, emotions, drives
Datestamp
2018-01-03 03:08:28
Abstract :
Riana Pratiwi, 2017,Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan
Beribadah Siswa di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017,
Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,
IAIN Surakarta.
Pembimbing: Drs. Aminuddin, M.S.I.
Kata Kunci: Peran, Kepala Madrasah, dan Kedisiplinan Beribadah Siswa
MTs Negeri Bendosari Sukoharjo adalah satu-satunya sekolah berbasis
Islam yang ada di Kecamatan Bendosari. Sehingga perilaku maupun ibadah siswa
menjadi sorotan di masyarakat. Dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah
siswa di MTs Negeri Bendosari didasarkan atas pengetahuan kepala madrasah
terhadap tujuan pendidikan Islam. Salah satu upaya kepala madrasah dalam
meningkatkan kedisiplinan beribadah siswa adalah membiasakan siswa taat
beribadah melalui program-program yang dibentuk oleh kepala madrasah beserta
guru-guru. Namun dalam pelaksanaannya masih banyak siswa yang belum tekun
dalam beribadah. Maka dari itu, penelitian inibertujuan untuk mengetahui Peran
Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Beribadah di MTs Negeri
Bendosari Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif kualitatif, penelitian ini dilakukan mulai pada bulan Januari 2017
sampai dengan Juni 2017 yang berada di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo.
Subyek penelitian ialah kepala madrasah, sedangkaninforman penelitian ialah
guru dan siswa MTs Negeri Bendosari Sukoharjo. Metode pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan
triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis interaktif dengan langkah-langkahpengumpulan data,
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian tentang Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan
Kedisiplinan Beribadah Siswa di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo Tahun Ajaran
2016/2017 yaitu: (pertama) perencanaan, kepala madrasah merencanakan program
ibadah dengan melibatkan guru. (kedua) pengorganisasian, kepala madrasah
menunjuk guru yang memiliki kapasitas sebagai koordinator kegiatan. (ketiga)
pelaksanaan, kepala madrasah ikut serta setiap pelaksanaan program agar menjadi
teladan untuk siswa. (keempat) evaluasi, kepala madrasah meminta absensi dan
laporan kegiatan kepada koordinator program.