DETAIL DOCUMENT
PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DI MTS NEGERI BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017
Total View This Week4
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Riana, Pratiwi
Drs., Aminuddin, M.S.I
Subject
152 Perception, movement, emotions, drives 
Datestamp
2018-01-03 03:08:28 
Abstract :
Riana Pratiwi, 2017,Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Beribadah Siswa di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Drs. Aminuddin, M.S.I. Kata Kunci: Peran, Kepala Madrasah, dan Kedisiplinan Beribadah Siswa MTs Negeri Bendosari Sukoharjo adalah satu-satunya sekolah berbasis Islam yang ada di Kecamatan Bendosari. Sehingga perilaku maupun ibadah siswa menjadi sorotan di masyarakat. Dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah siswa di MTs Negeri Bendosari didasarkan atas pengetahuan kepala madrasah terhadap tujuan pendidikan Islam. Salah satu upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah siswa adalah membiasakan siswa taat beribadah melalui program-program yang dibentuk oleh kepala madrasah beserta guru-guru. Namun dalam pelaksanaannya masih banyak siswa yang belum tekun dalam beribadah. Maka dari itu, penelitian inibertujuan untuk mengetahui Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Beribadah di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini dilakukan mulai pada bulan Januari 2017 sampai dengan Juni 2017 yang berada di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo. Subyek penelitian ialah kepala madrasah, sedangkaninforman penelitian ialah guru dan siswa MTs Negeri Bendosari Sukoharjo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan langkah-langkahpengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Beribadah Siswa di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017 yaitu: (pertama) perencanaan, kepala madrasah merencanakan program ibadah dengan melibatkan guru. (kedua) pengorganisasian, kepala madrasah menunjuk guru yang memiliki kapasitas sebagai koordinator kegiatan. (ketiga) pelaksanaan, kepala madrasah ikut serta setiap pelaksanaan program agar menjadi teladan untuk siswa. (keempat) evaluasi, kepala madrasah meminta absensi dan laporan kegiatan kepada koordinator program. 
Institution Info

IAIN Surakarta