DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP NEGERI 27 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week7
Institusion
IAIN Surakarta
Author
Sefi, Umaina Nur Azizah
Suyatman,, S.Pd, M.Pd
Subject
2x0 Islam Umum 
Datestamp
2018-01-03 07:41:27 
Abstract :
Sefi Umaina Nur Azizah, 2017, Efektivitas Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI kelas VIII Di SMP Negeri 27 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Falkultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta Pembimbing : Suyatman, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Small Group Discussion, Prestasi Belajar PAI Dalam proses belajar mengajar pemilihan suatu strategi pembelajaran sangat menentukan kualitas pembelajaran, karena ketepatan dalam pemilihan strategi pembelajaran dapat menunjang keberhasilan kegiatan pembelajaran sehingga akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Selama ini pembelajaran PAI yang digunakan di SMP Negeri 27 Surakarta adalah pembelajaran dengan ceramah atau konvensional, guru juga belum begitu memahami strategi pembelajaran misalnya small group discussion dalam pembelajaran tersebut sehingga banyak siswa yang kurang memperhatikan pembelajaran yang disampaikan. Prestasi belajar di SMP Negeri 27 Surakarta pada tahun sebelumnya masih cenderung rendah, maka dapat dikatakan bahwa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 27 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 siswa kelas VIII dengan jumlah populasi 158 siswa sedangkan sampelnya 4 kelas yang meliputi 113 siswa yaitu kelas VIII B, VIII C, VIII D, dan VIII E. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah rumus prasyarat, uii normalitas dan homogenitas. Dan data analisis menggunakan rumus statistik uji t. Temuan penelitian ini adalah penggunaan strategi pembelajaran aktif Small Group Discussion efektif dalam meningkatkan prestasi belajar PAI pada materi pokok makanan dan minuman halal dan haram. 
Institution Info

IAIN Surakarta