Institusion
IAIN Surakarta
Author
Nur, Hudha
Drs., Abdullah Faishol, M. Hum
Subject
2x5 Akhlak dan Tasawuf
Datestamp
2018-01-03 07:41:31
Abstract :
ABSTRAK
Nur Hudha, 2017, Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Tembang Pepali Ki
Ageng Sela Ciptaan Gus Aslamuddin Yang Dipopulerkan Oleh Habib
Syekh Bin Abdul Qodir Assegaf. Skripsi. Surakarta: Jurusan Pendidikan
Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, IAIN Surakarta.
Pembimbing : Drs. Abd. Faishol, M.Hum
Kata Kunci : Nilai, Pendidikan Akhlak, Tembang, Pepali Ki Ageng Sela
Kualitas suatu bangsa itu terletak pada akhlak dan moralnya. Dengan
akhlak serta moral yang baik akan melahirkan harkat dan martabat yang tinggi
bagi suatu bangsa. Dari sinilah pentingnya penelitian ini dilakukan sebagai upaya
pengkajian kembali nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam Tembang
Pepali Ki Ageng Sela, agar dapat dipahami dan diamalkan oleh penulis dan
pembaca. Adanya ajaran orang Jawa yang banyak mengandung nilai-nilai
pendidikan akhlak yang terdapat dalam Tembang Pepali Ki Ageng Sela tetapi
belum dikaji. Tujuan yang akan dicapai oleh penulis dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak yang
terkandung dalam Tembang Pepali Ki Ageng Sela.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berjenis kajian pustaka
(library research), yaitu jenis penelitian yang dilakukan dengan menelaah dan
menggunakan bahan pustaka berupa buku, majalah, dan sumber pustaka lainnya
yang relevan dengan topik yang dikaji sebagai sumber datanya dan peneliti
menggunakan pendekatan sastra. Adapun informan dalam penelitian ini adalah
Gus Aslamuddin, Habib Syekh dan Gus Miftahud Dhuha. Teknik pengumpulan
data di penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Dalam uji keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data melalui proses
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat banyak nilai-
nilai pendidikan akhlak dalam Tembang Pepali Ki Ageng Sela ciptaan Gus
Aslamuddin yang dipopulerkan oleh Habib Syekh Bin Abdul Qodir Assegaf.
Penulis mengelompokkan nilai-nilai pendidikan akhlak menjadi empat kelompok,
yaitu: Pertama, nilai pendidikan akhlak terhadap Allah SWT seperti anjuran
bertakwa, menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT. Kedua, nilai
pendidkan akhlak terhadap Rasulullah SAW seperti anjuran bershalawat kepada
Nabi Muhamad SAW. Ketiga, nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri seperti
anjuran untuk selalu rendah hati, jangan berperilaku sombong, jangan jahil,
jangan serakah, jangan memiliki sifat angkuh dan jangan gila hormat. Keempat
nilai pendidikan akhlak terhadap keluarga seperti perintah bahagiakanlah dirimu
bersama anak cucu sekeluarga. Kelima, nilai pendidikan akhlak terhadap sesama
manusia seperti toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, menghormati orang
lain, ketika jadi pemimpin jangan sampai keras kaku seenaknya sendiri.